Mengatasi error effect Motion Blur Photoshop CS4

Mengatasi error pada effect Motion Blur Photoshop CS4
Pernah kapan hari, saya mengalami hal aneh pada Photoshop CS4 yang baru saja saya instal. Keanehan itu terletak pada effect motion blur, tiap kali saya menggunakan filter tsb, Photoshop mengalami crash dan tertutup dengan sendirinya.. walhasil.. pekerjaan yang belum sempat tersimpan hilang sia-sia.
dan setiap aku coba lagi menggunakan filter itu, maka photoshop akan kembali crash dengan mengeluarkan pesan pop up error. dan iseng saya lihat pada bagian apa yang error, ahirnya bisa saya ketahui.

bahwa letak error tersebut terletak pada file MMXCore.8bi dan FastCore.8bx.

Ahirnya dengan bantuan man gugel, saya coba cari tahu ke internet.. ada apa dengan file ini...

Lalu setelah dari brosing kesana kemari, ahirnya ketemu juga penyebabnya. ternyata yang menjadi masalah adalah kedua file pada keterangan error diatas tersebut tidak sinkron dengan arsitektur prosesor komputer saya, yang mana prosesor saya prosesor jadul, AMD Athlon XP. sedangkan Adobe Photoshop lebih di maksimalkan untuk prosesor yang menggunakan core diatas dari satu core. Anda hanya akan mengalami hal yg sama dengan saya jika anda menginstall adobe photoshop versi CS4 pada prosesor AMD Athlon XP (mungkin juga Duron). Sempat stress juga sih, sempat kepikiran gak bisa menggunakan photoshop versi CS4 lagi. ahirnya setelah masalah ini bisa terselesaikan, kepikiran untuk membagi apa yang sudah saya alami ini, barangkali anda juga pernah merasakan hal yg sama dengan saya, namun masih belum juga menemukan solusinya.

Untuk mengakalinya ternyata gampang saja, meski prosesor saya tetap single core.. saya masih bisa menggunakan Photoshop CS4. dengan cara mendisable kedua file tersebut, gimana caranya..?! mari kita simak....

1. Pertama kita tutup dulu aplikasi photoshop yang masih terbuka.

2. Buka windows explorer, dan arahkan ke path drive C > Program File > Adobe > Adobe Photoshop CS4

3. Karena kita gak mau ribet harus bongkar-bongkarin folder untuk mencari file tersebut, maka setelah anda sudah berada pada folder Adobe Photoshop CS4, anda bisa menggunakan fasilitas search saja untuk mencari keberadaan kedua file tersebut. gampang aja.. anda tinggal klik kanan folder aplikasi photoshop, dan pada Context menu, pilih menu search..

4. Lalu ketikan nama file tersebut pada box. setelah terisi nama, anda bisa menekan tombol "Search". tunggun beberapa saat, nanti kita akan menemukan file tersebut.

5. Setelah file tersebut sudah kita temukan. maka kita bisa merename nya, tujuannya agar photoshop tidak meload file ini disaat photoshop kita buka.

asumsikan anda mencari file MMXCore.8bi, klik kanan file tersebut, pilih rename. dan ganti menjadi MMXCore.8bi.old / MMXCore.8bi.bak. intinya kita tinggal hanya menambah extensi lagi setelah extensi .8bi dan extensi .8bx.

6. Setelah kedua file tersebut sudah anda rename, sekarang anda sudah bisa menggunakan photoshop CS4 anda yang sebelumnya sering mengalami error ketika akan mengakses menu Motion Blur.

Selamat mencoba deeeh...

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn