Install desktop Enlightenment di Ubuntu 10.04

panduan cara memasang desktop enlightement di linux ubuntu, enlightenmen desktop guide
Hanya karena ingin mencicipi desktop Enlightenment, saya sangat kerepotan mencari link yg valid. setiap kali menemukan link tutorial,semuanya kebanyakan invalid. mengacu panduan instalasi dari situs resminya juga tidak begitu gampang menmukan panduannya. akhirnya karena tekad yg kuat,browse kesana kemari akhirnya membuahkan hasil.setelah saya coba install,Enlightenment sukses terpasang di Ubuntu Lucid Lynx saya.

Bukan mengajari sesuatu hal yg tidak mendidik,tp cara ini pas bagi seorang pemula seperti saya. saya hanya berbagi saja untuk sesama pengguna Ubuntu yg ingin menginstal Enlightenment di mesin Ubuntu nya. mari kita simak baik-baik cara penginstalannya.

Syarat utama untuk instalasi desktop Enlightenment ini adalah mesin Ubuntu anda harus terkoneksi dengan internet. dan kebutuhan yg lain siapkan rokok dan secangkir kopi (jika anda perokok,jika anda bukan perokok maafin ya..?!)


Nah.. setelah anda sudah terkoneksi dengan internet,untuk penginstalan enlightenment ini membutuhkan dependensi(arti yg gampang menurut saya anggaplah "file pendukung").
maka untuk instalasinya,kita perlu menuliskan command pd terminal. anda cukup meng-copy paste command dibawah ini ke terminal.

sudo apt-get install xterm make gcc bison flex subversion cvs automake1.10 autoconf autotools-dev autoconf-archive libtool gettext libpam0g-dev libfreetype6-dev libpng12-dev zlib1g-dev libjpeg62-dev libtiff4-dev libungif4-dev librsvg2-dev libx11-dev libxcursor-dev libxrender-dev libxrandr-dev libxfixes-dev libxdamage-dev libxcomposite-dev libxss-dev libxp-dev libxext-dev libxinerama-dev libxft-dev libxfont-dev libxi-dev libxv-dev libxkbfile-dev libxres-dev libxtst-dev libltdl7-dev libglu1-xorg-dev libglut3-dev xserver-xephyr libdbus-1-dev liblua5.1-0-dev libasound2-dev libudev-dev

NB: Jangan menekan tombol "Enter" terlebih dahulu.. anda harus menambah/mengurangi file dependensi yg tertulis dibawah ini, sesuaikan dengan versi ubuntu anda.. jadi tambahkan pd baris command di terminal,(jgn lupa diberi spasi). Cermati terlebih dahulu tulisan dibawah ini:

Ubuntu 10.10: Tambahkan package autopoint pd list command diatas.
Ubuntu 10.04: Tambahkan package libxml2-dev pd list command diatas.
Ubuntu 9.10: Tambahkan package libxkbui-dev pd list command diatas.
Ubuntu 8.04: Tambahkan package libltdl3-dev pd list command diatas dan hapus libltdl7-dev


Setelah selesai terdonlot, tambahkan lagi command dibawah ini untuk mendonlot, meng-compile dan menginstall enlightenment persi 17 via SVN. Dibawah ini command yg perlu anda copast ke terminal :
wget http://omicron.homeip.net/projects/easy_e17/easy_e17.sh
chmod +x easy_e17.sh && sudo ./easy_e17.sh -i
Pd proses diatas anda bisa menikmati rokok dan kopi untuk beberapa menit,proses download dan instalasinya agak sedikit lama. tergantung kondisi BW internet dan spesifikasi komputer anda sih.. CMIIW. Big Grin

Setelah semuanya sukses terinstall, jangan lupa untuk mencopast command dibawah ini pd terminal,agar pd sesi log terdapat pilihan menu pilihan desktop Enlightenment. berikut command yg perlu anda copast ke terminal :

sudo cp /opt/e17/share/xsessions/enlightenment.desktop /usr/share/xsessions/enlightenment.desktop

Oke deh selesai.. setelah itu anda bisa mencoba log out dan login menggunakan Enlightenment pd pilihan menu desktop yg ada di bawah jendela login. dan selamat menikmati suguhan Desktop yg berbeda dari Enlightenment.

Berikut SS desktop Ubuntu Lucid saya. maaf masih polos,karena saya sendiri masih bingung mengkonfigurasikannya.. :D

enlightenment desk pic
enlightenment desk pic

Lumayan.. desktop Ubuntu saya sekarang sedikit bervariasi.. :D

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn