Instal Adobe Air di Ubuntu

Panduan instalasi adobe air di ubuntu
adobe air for linux
Waduh.. lama nih gak pernah ngurus blog tercinta ini..

Wah... kali ini saya mo share pengalaman menggunakan salah satu aplikasi buatan Adobe nih.. tenaaang.. aplikasi ini license nya free total.. namanya Adobe Air.

Sebetulnya apa sih fungsi dari adobe air ini?!
Adobe Air klo menurut saya [cara orang awam], yaitu semacam emulator [tp tetap aja ini bukan emulator lho..] untuk menjalankan aplikasi yg dibuat oleh adobe flex yg berextensi kan .air

Kelebihannya apa sih aplikasi Adobe Air yg dibangun menggunakan Adobe Flex ini?!
menurut yg saya baca di situs resmi adobe, adobe air adalah aplikasi yg bisa berjalan Crossplatform alias bisa berjalan disemua sistem operasi. bisa berjalan di mobile phone, bahkan juga berjalan di media web dan desktop komputer.

Nah.. setelah mendapatkan info hasil browsing diatas, lalu saya coba mencari aplikasinya... waw... tak pernah saya sangka.. aplikasi ini cukup ciamik.. ukuran file cukup kecil. ada banyak kategori.. mulai dari aplikasi design, perkantoran dan macem-macem dah..

gimana?! tertarik kan?! oke. gak perlu banyak ba-bi-bu deh... mari ikuti panduan dibawah untuk menginstal adobe air di mesin ubuntu kita.[saya pake Ubuntu 10.10 tercinta ndan].


~ Buka Software Manager, dan ketik "adobeair". tanpa tanda petik.

setelah ketemu.. instal aja.
bagi yg pake ubuntu versi jadul yg sekiranya gak nemuin aplikasi ini di Software Manager. bisa langsung sambang kesitus adobe buat mendownloadnya.. dibawah ini link nya:
http://get.adobe.com/air/
jgn lupa pilih yg .deb ya?!
Nah..setelah adobe air terinstall, anda-anda bisa nyari aplikasinya di tautan ini :
Adobe Air Apps
pilih kategorinya disamping kanan ya?! ada banyak kategori kok.. dan kebanyakan aplikasinya gratis-gratis..:D lezat deh...

Berikut ss aplikasi adobe air yg sudah saya instal di Ubuntu 10.10 saya..
lifebrush
Lifebrush [aplikasi drawing]
salon (pos application)
Salon [aplikasi point of sale]
rich flv
RichFLV [Flv editor]

Dari skrinsut diatas,itu masih sebagian kecil dari aplikasi adobe air yg dibagikan secara gratis. kita masih bisa menginstal aplikasi sesuai dengan apa yg kita inginkan.

Naaah... dan ternyata.. anda tak cukup hanya jd pengguna saja, jika anda punya bakat dlm urusan coding. anda bisa membuat sendiri aplikasi untuk adobe air ini.
saratnya ya harus instal Adobe Flex di mesin ubuntu kita.
ini ulasan singkat tentang Adobe Flex :
Build expressive, cross-platform mobile, web, and desktop applications
Flex is a highly productive, free, open source framework for building expressive mobile, web, and desktop applications. Flex allows you to build web and mobile applications that share a common code base, reducing the time and cost of application creation and longer term maintenance. While Flex applications can be built using only the free Flex SDK, Adobe® Flash® Builder™ software can accelerate development through features like intelligent code editing, step-through debugging, memory and performance profilers, and visual design.



~ Instalasi Adobe Flex

Berikut rujukan cara menginstal adobe flex dan referensi link download adobe flex.
How-to
~ Alternatif link
How-to2
*Perlu di ingat, untuk mendukung kinerja adobe flex, anda harus membaca ulang ulasan tentang adobe flex diatas. sekiranya anda jg harus menginstal adobe flash builder yg sudah jelas aplikasi berbayar. saya sendiri belum pernah mencoba menggunakan adobe flex tanpa flash builder terinstall.. instal adobe flex aja gak pernah kok.. maklum..saya gak bisa coding.. heheheeee..

Tapi tenang.. bagi yg gak ingin terbentur perihal license.. saya jg nemuin solusinya... tp sayangnya.. saya cuman install aja di ubuntu 10.10 tanpa meng opreknya... seperti yg saya bilang diatas, saya bukan coder.. hahahaaaa...
Oke.. untuk solusi agar anda tidak terbentur perihal license,solusinya adalah dengan menginstal aplikasi Aptana beserta plugin-nya. aplikasi ini juga tersedia untuk semua sistem operasi, Mac, Windows dan Linux.

Untuk cara penginstalannya, anda bisa merujuk ke web dibawah ini ya?!
How-to3
Dan dibawah ini situs resmi Aptana..
http://www.aptana.com/
Nah.. gak sulit kan proses installnya..
Tp bila anda masih males ngikutin langkah-langkah instalasi aptana diatas, anda juga bisa menginstalnya melalui aplikasi Ailurus, jika Ailurus belum terinstall di mesin ubuntu anda.. anda bisa install melalui panduan disini.
Berikut ss Aptana yg ada di Ubuntu saya..
eclipse aptana
Eclipse Aptana [cuman bukain aja,gak ngerti pakeknya]
Untuk panduan pembuatan aplikasi adobe air menggunakan Aptana, sambang aja dimari ndan..
How-to create adobe air apps with aptana
atau bisa anda cari di situs share video seperti youtube.
Kalau saya melakukan proses instalasi aptana melalui Ailurus.. maklum nubitol.. karena pas lagi males ngetik-ngetik command.. heheheeee... oke deh,moga informasi yg saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda.

Kita jumpa lg di lain kesempatan..

Salam Ubuntu..!

2 comments

  1. oooo... ini to yg di sebut2 adobe air :-O sejak di saranin sama masternya ubuntu ini, blom jg saia coba :D
    btw asek jg tuh, jd pengen nyobain

    eh... na itu Lifebrush mantab gitu kok ngomong ga' punya karya :sontog:
  2. Walah pak be.. serius.. itu cuman buat lengkp-lengkap aja, sudah lama nih gak oprek desain lagi. hiks... :(
© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn