Downgrade kernel ubuntu

how to downgrad ubuntu kernel, downgrading linux kernel
Wah.. baru kali ini saya mengalami apa yg dinamakan dengan aktifitas compile kernel pd OS Ubuntu 10.10 saya.

Hanya karena terdorong rasa penasaran,seperti apa sih proses compile kernel itu.. ahirnya coba-coba compile sendiri dengan bantuan KernelCheck. dengan sedikit keberanian saya tekadkan untuk mencobanya.. hahahahahaa...
Hmmm... ternyata compile kernel itu susah-susah gampang.. waktu yg dibutuhkan jg lumayan lama. tp itulah pengalaman.. mahal banget harganya.

Tp sayang,setelah mengorbankan waktu yg cukup lama dengan proses compiling itu.. ternyata ada sedikit ketidak beresan pd OS Ubuntu saya.
keanehan itu terletak pd aplikasi screen recorder Gtk record my desktop. setiap kali saya pakai,hasil rendernya jd acak adul.. setelah saya coba ganti kernel versi terendah,hasil render dari aplikasi Gtk-recordmyDesktop kembali normal.. sukur masih ketemu penyebabnya.

maaf.. downgrade sampe saya ganti down-grace lho ya..?! maksudnya "Berkah dari proses downgrade" ahahahaaa....
Cara ini pas buat yg belum tahu cara downgrade kernel.. bagi yg udah tahu mah diam aja ya?! jgn ngolok-ngolokin saya.. :D

Begini step-stepnya..

*Perlu di ingat, disini saya belum meremove kernel yg lama [versi 2.6.35-28-generic]. dan kernel yg mengalami sedikit error yaitu kernel versi 2.6.39.1-candela.

Nah.. berhubung saya saat itu masih menggunakan kernel versi candela,maka Ubuntu saya restart terlebih dahulu,pas disaat proses booting... saya tekan tombol "shift" agar masuk ke menu grub,tujuannya agar saya bisa memilih pilihan kernelnya. dari langkah itu saya sudah tidak memilih kernel versi 2.6.39.1-candela tadi.,lalu saya pilih pd menu kernel versi 2.6.35-28.

Setelah masuk ke desktop GUI nya Ubuntu, untuk memastikan kernel versi berapa yg sedang terpakai, maka saya ketikkan command berikut pd terminal :
uname -r
maka akan keluar tulisan informasi kernel yg sedang terpakai seperti yg ditunjukkan pd gambar dibawah ini.

uname -r pic
uname -r

Nah... setelah yakin dengan kernel versi berapa yg terpasang... lalu saya membuka aplikasi package manager melalui System > Administration menu.

lalu saya klik tombol "search" untuk mencari paket kernel yg akan saya remove dengan mengetikkan tulisan "linux-image-2".

Setelah proses pencarian selesai,lalu saya cari nama packages kernel yg akan saya remove yang bernama "linux-image-2.6.39.1-candela".

Setelah yakin bahwa saya memilih kernel yg akan saya remove,lalu saya klik dan pilih "Mark for Removal”. dan saya lanjutkan dengan mengklik tombol "apply",

lalu proses removing berjalan..[hati sambil deg-degan.. dan selalu berdoa moga aja ubuntu ku gak tewas.. :(]

downgrade kernel pic
proses kecemasan dimulai

Dengan sedikit panik dan cemas.. proses removal akhirnya selesai..

Lalu untuk membuktikan kecemasan saya itu adalah salah, lalu dengan cepat komputer saya restart lagi.. dan kali ini saya sudah tidak perlu menekan tombol "shift" lagi... dengan sedikit rasa cemas, khawatir terjadi hal yg tidak saya inginkan pd ubuntu saya... ahirnya saya pejamkan mata...

Dan setelah sekian detik lamanya, saya coba buka kedua mataku dan ternyata...
Ubuntu ku kembali booting seperti sedia kala.. hahahahaaa.... senang sekali rasanya.

Saya bersukur, kernel yg lama belum saya remove.. ini menjadi pengalaman berharga dlm kisah perjalanan hidup saya bersama ubuntu tercinta.. halah lebay..!!

Oke deh.. moga aja pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk anda yg memang belum tahu tentang mendowngrade kernel.

tp apa jadinya bila kernel yg lama sudah anda remove?! hmmmm... ya gampang aja, tinggal cari dan install lagi di Synaptic package manager.. bukankah begitu?!

Oke deh... sekian dulu..

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn