Data hardisk hilang pasca oprek setting fstab

Data hardisk hilang pasca oprek setting fstab
Saya benar-benar terkejut atas kejadian yg menimpa saya sehari yg lalu. data hardisk saya yg berjumlah kurang lebih 30giga raib dengan sendirinya setelah saya oprek parameter di menu FSTAB.
Awal ceritanya bermula dari masalah prompt yg selalu keluar sewaktu Ubuntu saya pas lagi di proses booting, Ubuntu saya selalu memberikan keterangan jika "ubuntu tidak bisa me-mount partisi",jd saya selalu memilih menekan tombol "S" untuk skip proses mount yg berhenti tsb. saya sendiri kurang tahu penyebabnya,yg saya tahu sebelum peringatan itu keluar,dan perlu diketahui,saya menggunakan aplikasi "Pysdm" untuk memount drive saya secara otomatis.. dan tidak ada kendala apa-apa,saya bisa akses data-data saya.

Tapi karena saya sudah tidak betah karena setiap kali booting..ubuntu saya selalu gagal memount drive dan saya capek harus mencetin tombol "S" untuk skip proses mount itu, lalu saya putuskan untuk menghapus parameter yg ada di FSTAB. yg saya hapus tersebut parameter peninggalan dari "Pysdm". walhasil,,setelah ubuntu saya reboot kembali,disaat booting sudah tidak ada keterangan atau prompt lagi. saya sudah merasa lega..permasalahan gagal mounting sudah terselesaikan.

fstabTapi apa yg terjadi.. setelah ubuntu masuk ke desktop,dan siap untuk digunakan..saya coba memount drive saya secara manual melalui nautilus,dan apa yg saya lihat membuat saya terkejut,isi drive tsb menjadi kosong tak tersisa sedikitpun. akhirnya dengan kapasitas seadanya saya coba mengakses drive tsb melalui live-cd ubuntu,hasilnya sama saja, saya coba akses menggunakan windows-pe juga sama saja,semua data-data saya hilang. jumlah space pd drive saya juga benar-benar full free-space.

Saya heran,saya sama sekali tidak memformat partisi tsb,hanya menghilangkan parameter fstab yg mengindikasikan penyebab terjadinya gagal mount itu saja. kenapa hasilnya bisa seperti ini?partisi saya seolah seperti habis terformat..?!

fstab ubuntu

Perlu anda ketahui,berikut ini susunan harddisk di komputer saya :

Harddisk pertama yaitu

~ sdb5 160 giga western digital saya partisi menjadi 3 segmen.

1.Saya partisi 20 giga untuk sistem ubuntu

2.Saya partisi 200mb untuk swap

3.Label "THE GUDANG" -> sisa partisi ini saya jadikan penyimpan data terbaca 128giga di Nautilus & Gparted.(nah. di partisi yg ke 3 ini,data saya hangus tak tersisa).

Harddisk Kedua yaitu

~ sda5 Label "ARSENAL" -> 40 giga Maxtor (ini saya buat satu partisi jg untuk penyimpan data. dan hardis yg ini aman, data yg tersimpan aman dan utuh tak tersentuh.)

Pertanyaan saya adalah:

~ Bisakah saya mendapatkan data-data saya yg hilang tsb tanpa harus melalui proses recovery data?! karena saya sudah mencoba merecovery partisi tsb,dan hasil recovery-nya benar-benar tidak dpt terbaca semua..

~ Apakah benar,kesalahan edit/hapus parameter yg ada di fstab dapat menghanguskan isi data pd partisi tertentu..?!

Sampai saat ini pun belum pernah saya temukan penyebab-nya. mungkin hanya karena apes saja kali ya?

2 comments

  1. !lh@m's blog
    This comment has been removed by the author.
  2. !lh@m's blog
    This comment has been removed by a blog administrator.
© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn