Cara Mudah Membuat USB Multiboot dengan Multisystem-USB

multiboot live usb tutorial, aplikasi membuat multiboot live usb gratis
Bagi anda yg belum tahu mengenai nama yg saya sebut diatas pasti bertanya-tanya.. Multisystem-Usb maksudnya apa sih..?
Multisystem-USB adalah aplikasi untuk membuat multiboot sistem operasi Linux maupun Windows yg bisa di simpan kedalam media usb drive dan bisa di instal lebih dari satu sistem operasi linux. distro linux yg didukung lumayan banyak,dan pastinya akan terus di update. sistem operasi windows pun juga di dukung[yg ini saya belum sempat nyobain]. informasi mengenai OS apa saja anda bisa melihat-lihat di website resminya.

Terus untuk cara instalasinya bagaimana. wah,ternyata proses instalasinya juga cukup mudah untuk pengguna linux pemula seperti saya ini.

Kita bisa mendownload scriptnya ataupun menambah daftar repositori Multisystem-Usb pd komputer. dan tentunya komputer yang akan di install harus terkoneksi dengan internet. disini saya menggunakan Ubuntu Maverick Meerkat.

Multiboot live-usb dengan Multisystem-USBDan karena pd saat itu saya hanya mendownload scriptnya saja,ahirnya proses instalasi saya jalan kan melalui script yg telah saya download,lalu otomatis komputer akan mendownload paket-paket yg diperlukan oleh aplikasi Multisystem,termasuk aplikasi virtual machine Qemu sebagai tool untuk pengetest-an pasca pembuatan live-usb.

Tool ini cukup ciamik dan lagi pula gratis.

Bagi anda yg cukup sering menginstal linux di komputer,saya anjurkan untuk menggunakan aplikasi ini jika menginginkan lebih dari satu distro agar bisa di boot melalui usb. hemat dan praktis. proses pengerjaannya pun tidak rumit,kita tinggal DRAG AND DROP file iso ke area kerja Multisystem-USB ini,karena Multisystem-Usb ini sudah berbasiskan GUI. Pas deh untuk end-user yg takut sama dunia CLI.
Multiboot live-usb dengan Multisystem-USB

Berikut video cuplikan yg sempat saya buat menggunakan RecordMyDesktop..




Nah... tertarik kan untuk mencobanya. oke.. gak perlu banyak ba-bi-bu...

langsung aja sambang ke website resminya untuk mengikuti panduan cara instalasinya.. cukup gampang kok. Silahkan sambang ke link dibawah ini..
Multisystem-usb
Menarik bukan?!

Baik lah.. semoga informasi yg saya tuliskan ini bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn