Mengaktifkan Clutter-flow yg terdisable

Mengaktifkan Clutter-flow yg terdisable
Selama saya menggunakan Ubuntu,aplikasi clutter flow ini sangat membuat hati saya terkagum-kagum. karena dengan fitur clutter flow yg ada pd nautilus elementary ini menjadikan tampilan nautilus saya menjadi lebih exlusive,file apa saja yg terpilih bisa terpreview di nautilus, apalagi dipadu dengan gloobus preview.. makin keren saja deh Ubuntu punya saya. tak heran, saya sampe sekarang masih mempertahankan Ubuntu 10.10 hanya karena aplikasi yg satu ini selain itu saya juga masih cinta dengan Gnome 2.X.X. sudah pernah sih install ubuntu 11.04 dan ubuntu 11.10, berhubung saya nemuin banyak error jd saya balikin ke ubuntu 10.10 lagi, karena masih terngiang dengan keindahannya clutter flow ini juga.. heheheheee.. Tp sayang, saya sendiri meski sudah nyaman menggunakan ubuntu 10.10,terkadang fitur clutter-flow ini adakalanya tidak bisa di-aktifkan,entah faktor apa yg membuat fungsi ini menjadi ter-disable. Setelah browsing-browsing,akhirnya ketemu jg cara untuk meng-aktifkan kembali fitur clutter-flow ini melalui web askbuntu. Anda mungkin jg mengalami hal-hal seperti ini bagi yg menggunakan fitur clutter-flow,jd tak ada salahnya anda menggunakan cara ini untuk memfungsikan kembali fitur clutter-flow anda yg kadang-kadang mogok. mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.. berikut cara mengaktifkan-nya :


Buka menu Run Application dengan menekan kombinasi tombol Alt+F2. Lalu ketikkan "gconf-editor" (tanpa tanda petik).

Lalu jendela gconf editor akan keluar,setelah itu cari menu "Apps >> Nautilus >> Preference" yg ada disamping kiri. Dan di bagian kanan, cari opsi "show_clutter" centang bagian ini jika belum dicentang, dan cari opsi "clutter_test", dan rubah nilainya menjadi "0". Setelah langkah diatas selesai,anda restart Nautilus anda dengan menuliskan "nautilus -q" pd menu "Run Application" atau bisa juga melalui gnome-terminal. Setelah nautilus ter-refresh, sekarang buka nautilus anda dan coba tekan tombol pemintas clutter-flow yaitu F4.

clutter flow picCara diatas ini cara yg sudah saya buktikan berhasil setiap kali fitur clutter-flow ini ngambek. dulu disaat masih belum tahu cara untuk betulin yg benar, saya sudah coba remove nautilus elementary dan mencoba instal lagi,tp fitur clutter-flow tetap juga ngambek.. sampe bikin stress. syukur deh... dengan cara diatas tadi,kini permasalahan ngambek-nya clutter flow bisa teratasi. Oke deh.. semoga informasi yg mungkin sepele bagi anda ini bisa menjadi informasi yg cukup bermanfa'at.


Tips lain :
===========
Jika clutter-flow anda hanya menampilkan gambar hitam saja, anda wajib menambahkan baris parameter berikut : buka gedit dengan hak root menggunakan terminal,commandnya sbb: sudo gedit /etc/environment lalu setelah file environment keluar melalui gedit,tambahkan baris berikut : "export CLUTTER_VBLANK=none" (tanpa tanda petik), dan taruh di baris paling bawah,lalu save. Cara singkat tanpa perlu bukain gedit, ketik command dibawah ini pada terminal : "echo "export CLUTTER_VBLANK=none" | sudo tee -a /etc/environment"

Salam hangat..

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn