Pengertian DNS Cache

pengertian dns cache dan aplikasi dns cache,
Pengertian DNS Cache pada HandyCache begitu judul artikel yang saya tulis kali ini, sebelum membaca lebih jauh, artikel ini saya tulis atas pertanyaan salah satu member yang ada di forum KHI. akhirnya saya tulis di sini untuk mengisi artikel untuk blog saya yang sepi ini.

Dan sebelumnya saya mohon maaf, karena latar belakang saya yang memang tidak punya keahlian dibidang networking dan saya disini bukan seorang master,sifu atau apalah nama-nya.. yang jelas disini saya bukan berniat untuk menggurui. saya hanya ingin berbagi dengan apa yang dimaksud dengan DNS Cache ini.
Sebetulnya ini tidak secara langsung berhubungan dengan HandyCache, akan tetapi karena pada HandyCache terdapat fitur untuk hal ini, jadi saya masukkan dalam kategori/label HandyCache. meskipun ada banyak aplikasi yang berguna untuk menyimpan cache dns itu sendiri.
Pengertian DNS Cache
Baik.. sekarang akan saya jelaskan maksud, tujuan dan arti DNS Cache ini, sebelumnya saya mohon maaf, jika apa yang saya jabarkan ini menurut para master,geek dan sifu-sifu terdapat kesalahan, sekali lagi maaf, saya hanya pemula yang ingin berbagi saja.

Sebelumnya akan saya jelaskan tentang fungsi DNS itu sendiri, apa arti/fungsi DNS itu?

DNS adalah kepanjangan dari "Domain Name Server" yang fungsinya untuk menterjemahkan alamat domain name ke alamat ip server untuk domain name itu sendiri.


Contohnya misalkan kita mengakses situs facebook (www.facebook.com), maka request permintaan kita akan diterjemahkan oleh DNS server yang kita pakai. misal nya kita menggunakan dns dan ISP Speedy (saya anggap dns speedy seperti ini : 202.134.1.10), alur ceritanya seperti ini kurang lebih nya :

Internet browser yang kita pakai : "Hallo mas dns speedy, saya mau membuka situs facebook, kira-kira nomor alamatnya (ip) dimana ya?

Lalu si DNS menjawab : "oow.. oke, nomer alamat facebook ini mastah 173.252.120.6"

Inet Browser kita : "Sip, makasih mas dns, saya siap meluncur kesana"

Naaah... setelah browser kita sudah sampai pada alamat facebook, dan kita sudah bisa melihat tampilan kediaman facebook yang dominan berwarna biru itu, itu berarti dns sudah benar-benar amanah dalam mengerjakan tugas-nya. haahahaaaaaah..

Jadi kurang lebih-nya seperti itu, dan selain itu, disaat proses request penterjemahan paket tersebut diatas, harus kita ingat, bahwa proses perjalanan request kita menuju dns speedy tidak akan selalu berjalan lancar. untuk itu menggunakan dns server yang benar-benar stabil akan membantu mempercepat proses perjalanan paket-nya, sehingga koneksi internet kita juga akan terasa semakin responsive.

Nah... cara sederhana untuk mengetahui seberapa responsive dns yang akan atau akan mau kita gunakan, caranya seperti ini.

Jika anda menggunakan windows xp dan latest windows version. bukalah command prompt (cmd).

lalu ketikkan perintah ini untuk menguji seberapa responsive dns yang kita uji tersebut. saya contohkan akan menggunakan dns speedy dengan mengakses facebook.com, maka akan saya ketik seperti ini pada layar cmd.

nslookup www.facebook.com 202.134.10.155

maka hasil yang terlihat pada layar cmd saya seperti ini kurang lebih-nya..

nslookup

Usahakan hasil-nya seperti pada gambar diatas (yang berkotak merah). disitu hanya melewati satu ip saja, jika anda menemukan hasil sampai melewati banyak ip, sebaiknya hindari saja untuk menggunakan dns tersebut.

cara diatas hanya sebatas menggunakan tool cmd, untuk hasil yang lebih akurat, anda bisa mencoba tool seperti dibawah ini :

Namebench

GRC

Dan setelah kita memahami proses dari fungsi dns itu tadi, maka akan kita pahami, bahwasanya proses tersebut harus melalui jalan panjang, maka dari itu, dengan adanya fungsi dns cache, maka apa yang sudah pernah ditanyakan oleh browser kita kepada dns speedy tadi akan disimpan kedalam cache, jika suatu saat kita mengakses situs facebook lagi, maka si browser akan mengambil cache dns yang sudah pernah ditanyakan tadi.

Dan jika anda menggunakan aplikasi proxy HandyCache, satu ketepatan lagi karena pada HandyCache sudah disediakan fitur untuk menyimpan cache dns. jadi anda sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari aplikasi sejenis.

DNS Cache

Fitur DNS Cache pada HandyCache
Demikian penjelasan dan Pengertian DNS Cache secara umum ataupun secara langsung pada aplikasi handycache. semoga anda yang masih sama-sama nubi seperti saya bisa sedikit memahami alur tehnis dari Pengertian DNS Cache tersebut.

Oh ya... sebelumnya saya juga mohon maaf.. jika penjelasan saya diatas terdapat banyak kesalahan, dan disini saya juga tidak bermaksud untuk menggurui siapapun. karena blog ini tempat belajar saya, jika memang ada yang anda rasakan salah. saya tidak keberatan jika anda melayangkan masukan, cacian & hinaan atau komentar di kolom komentar dibawah.

Thanks. "Koentji"

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn