Mountain Lion Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3

Rincian proses Penginstalan Mountain Lion Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3
Hai teman-teman pecinta Osx Hackintosh. pada artikel kali ini saya akan sedikit memberikan pengalaman disaat saya mencoba memasang Mountain Lion Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3.
Kebetulan spesifikasi pada mobo ini cukup enak untuk dijejali sistem operasi besutan apple tersebut.
sebetulnya saya ingin memasang Osx Yosemite, tapi karena persiapan yang minim yaitu hanya ada waktu 24 jam komputer tersebut berada ditempat saya. jadi saya menggunakan Osx Mountain Lion yang kebetulan media instalasi di usb flashdisk sudah benar-benar siap. bahkan karena terburu-buru, saya pun tidak sempat mengambil gambar ataupun video-nya untuk saya bagi disini.
Pada awalnya, sebelum komputer ini diantar kerumah saya, saya agak sedikit sangsi, karena melihat waktu yang cukup singkat dan selain itu mempertimbangkan dari sisi perangkat-perangkat yang terpasang pada komputer itu sendiri. seperti tv tuner yang sangat kuno. karena keterbatasan saya yang sangat bergantung kepada tersedianya kext untuk perangkat-perangkat komputer yang akan dipasang sistem operasi osx, jadi berbagai macam kekhawatiran timbul seketika itu.
tapi setelah saya jelaskan kepada si pemilik bahwa untuk dukungan kartu pc tuner tidak tersedia, akhirnya si pemilik komputer pun merelakan-nya untuk tidak menggunakan kartu tv tuner tersebut untuk keperluan video capture,(perlu diketahui bahwa si pemilik komputer ini merupakan seorang video editor). maka sebagai pengganti kartu tv tuner tersebut, ia mengganti dengan usb capture buatan iGrabber yang kebetulan untuk kext sudah tersedia di situs resmi-nya.

Hackintosh Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3Baik.. saya rasa tidak perlu panjang lebar ya? disini akan sedikit saya jelaskan pengalaman saya tentang pemasangan OSX di mobo gigabyte type GA-P61-D3. dan akan saya jelaskan spesifikasi perangkat apa saja yang terpasang di komputer ini agar bisa anda jadikan referensi untuk anda jika ingin memasang osx di mobo besutan gigabyte ini.





Spesifikasi Singkat Gigabyte GA-P61-D3 (merujuk pada situs resmi Gigabyte)

  • Socket LGA1155
  • Audio Realtek ALC887
  • Lan Qualcomm Atheross 8151
  • USB3 Etron EJ168 chip
  • UEFI Dual Bios

Spesifikasi Perangkat Yang Terpasang

  • CPU Intel Core i7 Sandybridge
  • Ram 8 Giga DDR3
  • Kartu Vga MSI Nvidia GTX 550 Ti
Dengan spesifikasi diatas, awalnya saya mencermati pada spesifikasi kartu vga, pengalaman saya sih untuk kartu vga dengan chipset nvidia ini lebih mudah untuk bekerja sama dengan osx. akan tetapi setelah saya coba mencari referensi di forum-forum komunitas hackintosh, banyak sekali pengguna yang mengalami kesulitan untuk membuat kartu vga ini bekerja pada sistem osx. terlebih ada anggapan bahwa kartu vga ini hanya bekerja pada Osx Lion saja. saya sempat bingung juga membaca anggapan-anggapan tersebut. jika benar kartu vga ini hanya bisa bekerja pada Osx Lion, maka akan sedikit repot untuk perihal program-program yang akan digunakan nanti,karena koleksi program yang saya punyai tergolong untuk versi osx terbaru. tapi karena rasa penasaran dan ingin membuktikan sendiri, maka saya mencoba-nya pada Mountain Lion. (Karena memang waktu yang tidak mencukupi dan kebetulan flashdisk yang saya punyai hanya tinggal satu flashdisk yang berisi setup dual boot Osx Lion & Mountain Lion menggunakan Clover bootloader yang saya buat dulu).
Akhirnya setelah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, termasuk cemilan,kopi dan rokok.. rincian langkah-langkah-nya akan saya jelaskan dibawah ini :

Rincian Langkah

Bootloader

Lagi-lagi karena alasan waktu dan kondisi harddisk yang sudah terisi data-data, maka saya putuskan untuk menggunakan Chameleon Bootloader, karena jika saya memutuskan untuk menggunakan Clover Bootloader, maka setidaknya format harddisk harus menggunakan formar GPT, karena Clover Bootloader ini lebih maksimal digunakan pada format GPT Disk dari pada MBR disk. (menurut saya pribadi lho...)
meskipun konfigurasi usb flashdisk untuk setup osx menggunakan clover, toh ini tidak mempengaruhi hasil dari pemasangan osx di mobo gigabyte ini.

Media Instalasi

Untuk bagian ini, jika anda belum mempunyai usb flashdisk sebagai media instalasi-nya, anda bisa mencari referensi yang ada di internet atau di forum-forum komunitas hackintosh. setidaknya anda harus menyiapkan flashdisk dengan ukuran minmal 8Giga, jika ingin mengisi dengan sistem dualboot seperti flashdisk yang saya pakai, hitungan kasarnya anda butuh 16giga.. nanti sisa space kosong bisa kita buat untuk menyimpan file-file yang lain.
Untuk anda yang sudah mempunyai komputer yang menggunakan Osx, anda bisa mengikuti panduan pembuatan instalasi dari usb yang ada di forum Insanelymac. jika anda menyukai basis bootloader chameleon, anda bisa menggunakan panduan dari pokenguyen. untuk yang ingin menggunakan clover bootloader pada instalasi usb flashdisk-nya, anda juga bisa mengikuti panduan dari pokenguyen juga.
Perlu di ingat, proses pemilihan bootloader pada pembuatan flashdisk tersebut bukan untuk bootloader pada sistem osx yang akan terpasang dikomputer nanti. jadi paska penginstalan selesai, anda wajib memilih bootloader yang anda suka untk anda pasang kembali ke harddisk komputer yang sudah terpasang osx. jika setelah proses instalasi selesai,anda tidak memasang bootloader, maka osx yang sudah terpasang pada komputer hanya bisa di booting melalui flashdisk yang anda gunakan sebagai media instalasi-nya.
Bagi anda yang tidak mempunyai komputer Osx, apalagi sama sekali belum mempunyai Usb Flashdisk Osx, anda bisa mencari penjual jasa pembuatan flashdisk osx di forum-forum seperti kaskus atau yang lain. juga tentukan dulu ke si pembuat, bahwa anda akan menggunakan bootloader apa yang akan anda gunakan pada flashdisk tersebut. dan tentukan versi Osx yang akan anda gunakan, dan tentukan juga osx yang akan anda gunakan itu menggunakan versi retail apakah versi slipstream seperti Niresh, iATKOS dll.
Saran saya pilih versi retail, dan untuk bootloader pilihlah chameleon jika anda masih baru pertama kali terjun di dunia ini.

Dan baca juga panduan menjalankan CorelDraw di Mac Os X dibawah ini :
Panduan menjalankan coreldraw di Mac Os X

AHCI atau IDE

Untuk seting konfigurasi harddisk, pastikan anda menggunakan AHCI. untuk mengganti seting tersebut, anda bisa mencari di bios komputer anda. tapi jika komputer anda benar-benar tidak terdapat seting AHCI, anda bisa melanjutkan saja proses instalasi-nya.

Tips

Diatas tadi sedikit rincian konfigurasi dari media usb instalasi hingga ke seting bios secara mendasar. dan pada mobo gigabyte jenis ini, saya hanya merubah seting AHCI saja, untuk yang lain saya biarkan pada setingan default.

setelah anda rubah setingan IDE ke AHCI, lalu seting booting pertama kali harus anda arahkan ke flashdisk, maka anda sudah bisa melakukan instalasi Osx ke komputer, untuk anda jika mengalami kendala yang mungkin saja terjadi, anda wajib memahami beberapa bootflag yang bisa anda gunakan sebagai parameter.
tapi karena mobo Gigabyte GA-P61-D3 cukup bersahabat dengan Osx, saya tidak menggunakan parameter bootflag bermacam-macam, karena flashdisk yang saya gunakan sebagai media instalasi menggunakan bootloader clover, jadi saya hanya menggunakan bootflag verbose saja.
jika anda menggunakan chameleon, anda bisa menggunakan parameter -v untuk menampilkan baris verbose dilayar monitor agar nanti bisa anda ketahui jika terdapat error.

Paska instalasi
Disini seperti yang sudah saya sebutkan diatas, karena saya dihadapkan pada kartu vga nvidia GTX 550 Ti, maka inisiatif pertama kali bagi saya yaitu untuk tidak menyertakan beberapa kext yang digunakan untuk vga nvidia, jika kext-kext nvidia tersebut dibiarkan berada pada path /S/L/E, maka paska reboot ulang setelah instalasi, layar desktop hanya akan tampil warna hitam saja dan tidak menunjukkan layar desktopnya.
jadi solusinya, setelah proses reboot setelah instalasi, boot kembali menggunakan flashdisk jika partisi osx belum terpasang bootloader, lalu gunakan paramter -s agar nanti osx boot ke mode single user. lalu ketik perintah dibawah ini :
/sbin/fsck -fy
/sbin/mount -uw /
Setelah itu ketik command berikut untuk memindah kext-kext yang berhubungan dengan kartu vga, disini saya menggunakan Nvidia GTX550 Ti, maka semua kext yang berhubungan dengan chipset nvidia saya pindah ke folder bernama gfx-bak. command-nya dibawah ini :
mkdir /gfx-bak lalu tekan enter
Setelah proses pembuatan folder dengan nama diatas selesai, sekarang kita pindah ke path /S/L/E, ketik command-nya seperti dibawah ini :
cd /S*/L*/E* lalu tekan enter
Dan untuk memindah kext yang berhubungan dengan kartu vga nvidia, maka saya mengetik command dibawah ini :
mv NVDA* /gfx-bak lalu tekan enter
mv GeForce* /gfx-bak lalu tekan enter
Setelah proses pemindahan kext diatas selesai, lalu ketik command exit untuk keluar dari layar single mode menuju ke layar desktop sesungguh-nya.
jika anda sukses masuk ke desktop, anda tinggal mengatur preferensi paska proses instalasi seperti seting negara, password dan lain-lain.

Dan jika anda menggunakan spesifikasi yang sama seperti yang saya tulis diatas, anda bisa mendownload file konfigurasi-nya dibawah ini.

Kext untuk NVIDIA GTX550Ti & Konfigurasi yang lain.

Pada file download diatas, terdapat kext-kext yang dibutuhkan, diantaranya :

  • Kext Nvidia GTX 550 Ti
  • AppleIntelCPUPowermanagement
  • ALC887 Audio
  • Qualcomm Atheros 8151 Ethernet
  • Beberapa file seperti SSDT,DSDT dan file boot Chameleon
Jika anda menggunakan chameleon, gunakan saja file org,chameleonBoot.plist sebagai parameter seting, tentunya sesuaikan lagi dengan kebutuhan. jangan gunakan SSDT dari file diatas, karena anda harus meng-generate SSDT sesuai dengan CPU yang anda pakai.
untuk DSDT tidak perlu anda pakai, karena pada dasar-nya mobo ini sudah menggunakan UEFI, jadi sudah tidak ada kesalahan seperti halnya yang terjadi pada legacy bios, anda bisa menggunakan DSDT diatas jika memang ingin menambaha patch-patch tertentu. jika dirasa tidak membutuhkan patch, jangan gunakan DSDT pada file download diatas.

Penggunaan
Setelah anda bisa masuk ke desktop Osx Mountain Lion, lakukan update terlebih dahulu menggunakan combo update 10.8.5, setelah proses update selesai, anda bisa memasang kext-kext diatas menggunakan Kext Utiliy atau tool sejenis. jangan lupa untuk menghapus kext NullCPUPowerManagement.kext di folder Extra atau di /S/L/E jika anda menggunakan osx versi slipstream seperti iATKOS atau Niresh.

Dan jangan lupa untuk menginstall Chameleon bootloader, setelah itu copy file org.chameleonBoot.plist dari download yang sudah saya sediakan diatas ke dalam folder Extra di partisi mac anda.
Setelah itu anda bisa me-reboot komputer, dan jangan lupa untuk membiasakan parameter verbose disaat proses optimalisasi masih belum selesai.
Jika anda sudah menyelesaikan proses diatas dan sukses masuk ke desktop mac dengan transparant menu bar, lan ethernet dan audio bisa bekerja dengan baik. bisa dikatakan anda sudah sukses.
Untuk seting optimasi yang lain, anda bisa mencari referensi di forum seperti Insanelymac atau yang lain.
Kesimpulan yang bisa saya ambil diatas yaitu, ternyata anggapan tentang kartu vga nvidia gtx550ti yang dianggap hanya bisa bekerja di osx lion, ternyata tidak benar. dan vga type ini bisa bekerja dengan baik di osx mountain lion secara native. tapi jika anda ingin mencoba kext untuk kartu vga yang sudah saya sediakan diatas juga tidak apa-apa untuk mencari peruntungan disaat anda tidak bisa membuat kartu vga gtx550ti bekerja dengan baik.
Mountain Lion Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3
Satu sampel gambar desktop yang sempat saya kirim ke fb pemilik
Demikian rincian proses pemasangan Mountain Lion Di Mobo Gigabyte GA-P61-D3. untuk gambar lengkap-nya atau mungkin video-nya akan saya lampirkan menyusul.
Jika anda menemukan kendala, jangan lupa tulis komentar anda dibawah..

Happy Hackintoshing

*Update
Untuk kext USB3, saya lupa menyertakan file kext-nya di download file diatas. untuk bisa menggunakan USB3, anda bisa mendownload kext-nya di sourceforge, thanks untuk Zenith

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn