PXEBoot via Windows Termudah Untuk Pemula

Cara paling mudah menginstall windows pada netbook/laptop atau komputer melalui jaringan lan.
Awal muasal cerita dari artikel yang saya tulis kali ini yaitu berawal ketika saya dimintai bantuan teman untuk memasangkan windows pada netbook super jadul milik-nya yang be-merk Toshiba Dynabook yang tidak terpasang cd/dvd dari pabrikan-nya.
saya menganggap jika nanti saya instal melalui usb pasti semua akan berjalan lancar. tapi ternyata dugaan saya meleset, karena bios pada netbook jadul ini masih belum mendukung untuk mem-booting melalui usb, akhirnya rencana penginstalan harus beralih ke metode PXEBoot, yang mana instalasi windows boot harus melewati jaringan LAN.
bisa dikatakan metode instalasi windows-nya tanpa cd/dvd dan usb flashdisk.
Metode penginstalan windows melalui LAN ini bukanlah metode yang baru. bagi seorang tehnisi komputer, hal ini saya rasa sudah cukup familiar dalam kegiatan mereka sehari-hari. namun, bagi orang awam, metode ini mungkin dianggap metode yang asing dan membutuhkan pengetahuan yang baru lagi.
Bagi seorang tehnisi komputer, mungkin sudah umum dalam melakukan instalasi windows melalui lan menggunakan aplikasi bantu seperti aplikasi yang sudah umum seperti TFTPD32 atau mungkin Serva.
Namun, untuk pemula, pengaplikasian aplikasi diatas bisa dikatakan sulit untuk seorang pemula yang ingin mencoba menginstall windows melalui jaringan LAN, karena ada beberapa langkah-langkah tertentu yang harus dipahami agar proses pengerjaan-nya bisa berjalan lancar.

instal windows di netbook toshiba dynabookDan dari rentetan cerita diatas yang tidak bisa saya tuliskan disini secara lengkap, akhirnya saya menemukan aplikasi gratis dan sangat mudah untuk diterapkan bagi seorang pemula sekalipun. nama aplikasi ini yaitu Aomei PXEBoot. pada penerapannya, kita benar-benar sangat dimudahkan sekali tanpa harus meng-ekstraksi file iso windows ataupun linux seperti yang harus dikerjakan pada kedua aplikasi yang sudah saya sebut diatas (bukan bermaksud meremehkan kedua aplikasi diatas lho yaa...?! ).

Dengan Aomei Pxeboot ini, anda tidak perlu merasa ribet dengan seting yang menyusahkan, cukup dengan memilih file ISO yang akan kita boot melalui LAN, maka kita sudah bisa melakukan proses instalasi windows ataupun linux melalui jaringan LAN.
Akhirnya setelah mencoba menggunakan aplikasi buatan Cheng du ini, netbook jadul buatan Toshiba ini bisa saya instal windows dengan lancar.
aomei pxeboot pics
konfigurasi file iso
aomei pxeboot pics
start service
install windows di toshiba dynabook via lan
Boot via Lan
install windows di toshiba dynabook via lan
Proses pembacaan file iso via lan

Jika teman-teman ingin mencoba memasang windows ataupun linux melalui jaringan LAN tanpa menggunakan cd/dvd ataupun usb, maka saya sarankan menggunakan aplikasi Aomei Pxeboot ini, pengoperasian-nya cukup mudah dan tidak ribet.

Syarat-syarat nya untuk menjalankan aplikasi Aomei Pxeboot :


  • Komputer Host menggunakan Os Windows
  • Kabel UTP LAN boleh Cross ataupun Straight
  • Setting DHCP pada Network
  • Komputer support Boot via Lan/Ethernet
Untuk mendapatkan file aplikasi Aomei Pxeboot, anda bisa menggunakan secara standalone, ataupun menginstall aplikasi Aomei Backuper. anda bisa memilih salah satu.
namun jika anda hanya ingin menggunakan Pxeboot dari Aomei, aplikasi standalone-nya bisa anda download dibawah ini.
Aomei Pxeboot
Namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, saya sarankan untuk memilih Aomei Backuper. pilih yang standard edition, saya rasa sudah mencukupi untuk kebutuhan mendasar seperti backup windows dan lain-lain.

Untuk proses pengerjaan, saya rasa tidak perlu saya jelaskan secara gamblang, karena menggunakan Aomei Pxeboot ini, setting konfigurasi IP network cukup kita buat DHCP, lalu kita tinggal membuka aplikasi Aomei Pxeboot dan kita tinggal memilih file iso windows ataupun linux yang ingin kita boot. setelah itu anda tinggal menekan tombol start service. setelah service berjalan, hidupkan laptop/netbook/komputer yang akan di instal dan set booting nya melalui LAN.
Maka proses instalasi bisa anda lanjutkan seperti hal-nya anda menginstal windows/linux melalui cd/dvd atau usb flashdisk.

Selamat mencoba.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn