Cara Mudah Mencari Backlink Gratis Dan Benar Dengan Footprint

Metode mudah dan gratis untuk mencari backlink dengan menggunakan footprint. menggunakan metode ini lebih memudahkan blogger pemula sekalipun.
Untuk seorang blogger, entah anda menggunakan blogspot, wordpress, joomla dan entah anda menggunakan subdomain ataupun menggunakan Top Level Domain (TLD) untuk situs blog anda.. pun entah anda seorang pemula sekalipun seperti saya..
membangun backlink untuk blog yang kita kelola merupakan hal yang masih dibutuhkan hingga saat ini (menurut anggapan saya pribadi dan beberapa kalangan). karena bagi saya backlink bisa di ibaratkan seperti promo blog kita ke situs-situs yang lain setidaknya agar bisa diketahui oleh banyak user di internet.
Saya sendiri sampai saat ini masih terus melakukan pembuatan backlink secara konvensional dengan cara meninggalkan komentar di situs-situs yang setidaknya mempunyai tema/niche yang sama dengan tema blog kita. terutama meninggalkan komentar yang di bumbui anchor text yang mengarah pada url blog kita. sehingga pembuatan backlink dengan cara seperti ini akan terlihat lebih natural. walaupun entah nantinya komentar kita dihapus oleh admin blog atau tidak, anggap saja sebagai spekulasi.
Cara Mudah Mencari Backlink Gratis Dengan FootprintUntuk meninggalkan komentar pada web target, dalam hal ini saya tidak begitu pusing dengan mencari blog yang dofollow ataupun nofollow. yang terpenting perbanyak backlink saja lah.. hehehee...

Dan pada artikel kali ini, saya hanya ingin berbagi hal-hal mendasar untuk mencari situs web/blog yang akan kita jadikan target membuat backlink untuk blog kita sendiri dengan memanfaatkan pencarian di search engine (google contohnya) dengan menggunakan footprint.
karena dengan metode ini menurut saya cukup membantu sekali untuk pencarian yang lebih spesifik, karena dalam footprint ini kita juga bisa mengatur keyword dan domain-nya.
mari kita mulai secara perlahan-lahan :

Mencari backlink pada situs web yang berdomain EDU :

blogging tips site:.edu inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"
Pada format footprint diatas, saya menyertakan keyword "blogging tips" pada situs berdomain edu. untuk keyword, sesuaikan dengan tema konten blog anda ya? sampel gambar-nya dibawah ini :
Cara Mudah Mencari Backlink Gratis Dengan Footprint

Sedangkan untuk tipe domain yang lain, lihat saja perbedaan penulisannya. disini anda cukup mengganti jenis nama domain-nya saja. berikut ini contoh-contoh nya :

Mencari backlink pada situs web yang berdomain GOV :
blogging tips site:.gov inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"

Mencari backlink pada situs web yang berdomain AC.ID :
blogging tips site:.ac.id inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"
Nah... sisa domain lain-nya silahkan dikembangkan lagi. kita lanjut ke footprint yang lain.

Dan untuk mencari situs web yang memperbolehkan menggunakan tag html pada komentar, footprint-nya seperti ini :
blogging tips "Allowed HTML tags:"
Untuk mencari sasaran backlink yang mengandung unsur dofollow, bisa menggunakan footprint seperti dibawah ini :
blogging tips "Notify me of follow-up comments?" "Submit the word you see below:"
Footprint dibawah ini untuk mencari konten yang mengandung keyword "Angelae8654", siapa angelae8654? silahkan cari tahu di om google ya?
berikut ini footprint-nya.. gampang sekali :
blogging tips "angelae8654"
Itu saja sedikit pengenalan tentang mencari situs yang akan kita gunakan sebagai tempat membangun backlink untuk web/blog kita.
cara ini merupakan cara natural, sehingga kita tidak perlu khawatir jika ada dampak yang tidak kita inginkan. dan hal yang lebih penting lagi yaitu, disaat kita membuat backlink dengan cara menuliskan komentar dan menyertakan bumbu anchor text pada komentar, usahakan konten komentar kita sesuai dengan isi/tema artikel-nya, sehingga komentar kita lebih mempunyai peluang besar untuk di approve oleh admin karena tidak di anggap sebagai spammer.

Dan sebagai tambahan, jangan lupa gunakan plugin/add-on web browser kesayangan anda yang mampu untuk membaca data pagerank suatu situs. karena jika kita mampu meninggalkan komentar yang disertai anchor text pada situs yang mempunyai pagerank tinggi, maka juga akan bisa menguntungkan untuk blog kita sendiri.
Dalam hal ini, karena saya lebih suka menggunakan google chrome, saya menggunakan extensi "MOZ Bar", anda bisa mencari di chorme web store pada browser google chrome.
dan jika anda menggunakan Firefox, anda bisa menggunakan extension "Seo Quake".

Ok, mudah-mudahan bisa bermanfaat artikel saya yang masih terkesan pemula ini. harapan saya bagi blogger pemula mampu untuk membangun sendiri backlink untuk blog yang sedang dikelola-nya.
Jika ada salah kata, saya mohon maklum, dan silahkan layangkan koreksi-koreksi-nya. saya akan dengan senang hati untuk memperbaiki artikel saya ini jika dirasa memang masih ada kekurangan.

Baca juga artikel saya tentang cara membangun backlink pada situs Edu & Gov :
http://koentji.blogspot.com/2015/06/cara-mudah-membuat-backlink-di-situs.html

Sekian dan Terima Kasih.
*Menjelang Idul Fitri (kurang dua hari lagi)

1 comment

  1. Mantap gan tutorial blogger terbaru ada disini
    perampokgoogle.blogspot.com
© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn