Cara Cepat Dan Mudah Merubah Warna Template Blogspot

Tiga langkah dan cara cepat dan mudah untuk merubah warna pada template blogspot milik anda. cara ini tidak membutuhkan pengetahuan mengenai CSS. buktikan.
Cara Cepat & Mudah Merubah Warna Template Blog - Panduan untuk mengganti warna pada template blog sebetulnya telah banyak beredar di blog yang ada di internet. tapi bagi saya tidak ada salahnya untuk menulisnya disini, siapa tau bisa bermanfaat bagi sesama. metode yang saya gunakan sebetulnya sangatlah simpel dan mudah. saya tidak mengerti dalam hal CSS dan sejenisnya. tapi dengan cara ini, proses untuk merubah warna pada template blogspot akan lebih mudah diterapkan, bahkan tanpa harus mempelajari CSS yang menurut saya membutuhkan waktu untuk memahaminya.
Pada metode ini, saya tidak menggunakan aplikasi tambahan yang memberatkan komputer, disini saya hanya menggunakan aplikasi color picker gratis yang nanti akan saya bagi untuk anda.
Jika anda masih kebingungan dalam memilih template untuk blogspot milik anda, anda bisa mendapatkan template blogspot gratisan yang ada di internet. namun bila anda ingin mencari template blog yang menurut saya bagus, anda bisa berkunjung ke web milik mbak Arlina Design. disitu banyak template gratis yang bisa anda download, dan juga tersedia template versi premium.
Dan template blogspot yang saya gunakan kali ini adalah template buatan dari mbak arlina juga. selain simple, template ini bagi saya cukup bagus performanya.
Baik.. saya rasa tak perlu panjang lebar. fokus saya membahas soal mengganti warna template blog. bila anda sudah merasa bosan atau kurang cocok dengan warna template yang anda gunakan, maka ikuti panduan mudah dibawah ini.

Step 1

Karena seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa saya tidak perlu repot repot menggunakan aplikasi pembantu yang memberatkan komputer, maka untuk bisa memenuhi itu, silahkan download aplikasi color picker gratisan yang mempunyai julukan Pixie Color Picker.
tentukan pilihan anda, bisa memilih versi portable atau yang lain,ukuran file sangat kecil sekali. setelah download selesai.. silahkan jalankan saja aplikasi Pixie tersebut.

Step 2

Setelah Pixie anda jalankan nanti akan muncul kotak aplikasi Pixie yang tidak besar, jangan merasa bingung bagaimana cara menggunakannya. Pixie ini bekerja dan mengambil warna dengan menyesuaikan letak koordinat pada pointer mouse komputer anda. jika anda gerak-gerakan pointer mouse anda, Pixie akan menunjukkan kode warna sesuai dengan letak koordinat mouse.
Pixie akan memberikan kode warna ke dalam tiga jenis, pertama kode warna dalam bilangan HEX, HTML dan RGB, CMYK dan HSV. seperti dibawah ini contoh tampilan dari apa yang ditampilkan Pixie.
Cara Cepat Dan Mudah Merubah Warna Template Blogspot

Untuk mengganti warna pada template (misalnya pada bagian menu navigasi), maka cukup arahkan pointer mouse anda ke posisi warna yang akan anda ganti. setelah posisi mouse tepat berada diatas warna yang akan anda ganti, lalu tekan kombinasi tombol Ctrl+alt+X pada keyboard. ini bertujuan untuk mengcopy warna HTML yang dihasilkan Pixie kedalam clipboard computer.
(setelah mengcopy kode warna HTML tersebut, jangan meng-copy elemen apapun, jika anda meng-copy yang lain maka informasi kode HTML yang tersimpan di clipboard akan tertimpa).

Step 3

Setelah kita berhasil mendapatkan kode warna html pada template yang sudah kita lakukan pada step kedua, kini saatnya anda membuka kode html template di menu Template > Edit HTML.
lalu klik mouse pointer anda pada halaman html pada template lalu tekan tombol Ctrl+Shift+R pada keyboard untuk memunculkan kotak replace all di layar template html, lalu paste kode warna html yang sudah anda copy tadi ke dalam kotak pencarian setelah itu tekan tombol Enter pada keyboard.. contohnya seperti dibawah ini :


cara merubah warna template blog dengan cepat

tulisan replace all akan berganti menjadi with setelah kita tekan tombol enter seperti gambar dibawah :

Setelah itu jangan ditutup dulu tab layar html template, dan kini anda bisa mencari warna pengganti yang pas / sesuai dengan selera anda. dan untuk mencari kode warna html yang pas dan sesuai hati, disini kita tidak perlu menginstal atau memasang aplikasi tambahan yang akan memberatkan komputer. agar lebih efisien, anda bisa menggunakan color picker online yang banyak tersedia di internet,
disini saya cukup menggunakan fasilitas pilihan warna yang disediakan oleh browser (saya menggunakan google chrome). untuk mengakses color picker dari browser, silahkan klik kanan pada layar web apapun yang terbuka, lalu pilih Inspect (shortcut-nya Ctrl+Shift+i). setelah itu cari dibagian menu tab Styles, lalu geser geser kebawah untuk mencari warna yang berhasil di inspect. jika belum menemukan informasi warna, carilah / inspect ke elemen web yang mempunyai warna. biasanya akan ditandai kotak kecil dengan warna tertentu. klik saja kotak tersebut, lalu akan muncul colorslider seperti gambar dibawah, lalu silahkan pilih warna yang anda sukai.. dan seleksi kode warnanya, setelah itu copy kode warna yang sudah anda dapatkan, lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ya.. :

metode mudah mencari dan mengganti warna template blog

Setelah anda dapatkan warna yang pas, lalu copy kode warna yang saya tandai dengan warna kuning seperti contoh pada gambar diatas. cukup copy angka dan huruf-nya saja, anda tidak perlu mengcopy tanda tagar-nya. lalu silahkan kembali ke tab layar template html, dan paste kode warna yang sudah anda dapatkan tadi ke kotak with seperti gambar dibawah :

langkah mudah mengganti warna template blog dengan cepat

Setelah anda paste di kotak seperti gambar diatas, selanjutnya anda cukup menekan tombol Enter pada keyboard untuk mereplace kode warna template yang lama dengan kode warna yang baru.
proses mereplace warna sudah selesai. selanjutnya simpan perubahan tersebut dengan menekan tombol Save Template yang saya contoh kan pada gambar dibawah ini :

proses penyimpanan template setelah mereplace kode html

Dan selanjutnya, anda bisa melihat hasil perubahannya dengan menekan tombol View Blog yang letaknya persis diatas tombol save template tadi. lalu lihat pada tab baru yang akan memperlihatkan halaman homepage blog anda, apabila elemen tertentu yang anda ganti sudah berubah warna, maka proses diatas berhasil anda lakukan. dan setelah itu anda bisa merubah warna warna pada elemen lain pada template blogspot anda.

Nah... demikian cara cepat dan mudah untuk merubah warna template blogspot. tidak sulit kan?!

Kesimpulan

Kenapa saya memilih aplikasi Pixie color picker?! akan saya jelaskan dibawah ini :
  1. Pixie mampu menangkap kode warna pada style hover, jika anda menggunakan aplikasi color picker yang lain, akan sangat sulit untuk mencari kode warna yang terdapat pada elemen elemen hover, elemen hover ini bisa anda lihat pada saat mouse anda berada pada tombol tertentu, atau bisa juga pada tombol menu dropdown, yang mana apabila mouse berada diatas elemen hover, maka warna elemen tersebut akan berubah warna. jadi Pixie sangat memudahkan saya untuk mencari elemen warna warna yang sulit ditangkan oleh color picker pada umumnya.
  2. Pixie color picker cukup kecil ukuran filenya, sehingga bisa mempercepat proses download. selain itu aplikasi ini portable. jadi bisa kita simpan ke dalam flashdisk agar mudah untuk dibawa kemana saja.
  3. Simple dan sederhana, dengan Pixie saya lebih mudah mendapatkan kode warna tertentu dengan menyimpannya kedalam clipboard hanya dengan menggunakan kombinasi tombol shortcut, jadi saya tidak perlu melakukan seleksi pada kode warna-nya.
Oke.. saya rasa itulah alasan saya mengapa saya lebih memilih menggunakan Pixie color picker ini. karena aplikasi kecil ini benar benar memudahkan.
sekarang giliran anda untuk mencobanya, apabila anda sudah mulai merasa bosan melihat kombinasi warna pada template blog anda.. silahkan coba panduan cepat dan mudah untuk merubah warna template blog seperti yang sudah saya terangkan diatas.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas waktunya untuk membaca tulisan diatas. semoga anda bisa memaklumi kesalahan saya apabila artikel diatas ditemukan banyak kekurangan. saya akui.. ya inilah saya yang penuh dengan keterbatasan.

Salam Markoentji..!
© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn