Cara Men-Disable Fitur Cache Pada Google Chrome

Cara mudah mematikan atau mendisable fitur cache pada internet browser google chrome.
Kenapa harus di disable?! justru aneh ya? fungsi cache pada internet browser sama halnya dengan fungsi cache pada software proxy misalnya Squid proxy ataupun Handycache proxy dan sejenisnya.
dengan keberadaan fitur cache, maka akan membantu meringankan koneksi ke internet untuk tidak mendownload konten yang masih sama.
Namun pada kenyataannya, fitur cache yang ada pada google chrome ini menurut saya justru akan menjadi pisau bermata dua bilamana file cache yang tersimpan tersebut semakin lama akan semakin membengkak. apalagi, menurut pengalaman saya, jika cache sudah tertimbun banyak, maka sering kali saya mengalami kejadian semacam error connection, seolah tidak bisa tersambung ke internet. ini sering kali saya alami, pun juga dialami oleh teman teman saya. bila kejadian seperti ini terjadi, maka dengan menghapus isi cache pada google chrome, masalah bisa teratasi.

Dulu saya sempat menulis mengenai cara Mengaktifkan Mode Incognito di Browser Google Chrome dengan sedikit menambahkan option flag di shortcut properties, namun sayang.. saya tidak setiap hari memerlukan mode incognito untuk browsing, karena saya juga membutuhkan seting autofill atau seting cookies yang selalu ter-enable. karena saya dalam menggunakan google chrome juga sering login ke banyak akun, sehinga saya malas untuk mengetik username ataupun password untuk masing masin akun. jadi yang saya butuhkan sebetulnya hanyalah mendisable fitur cache-nya saja.

Untuk bisa melihat seberapa banyak file cache google chrome, anda bisa mengetik chrome://cache
pada address bar browser google chrome, nanti akan muncul gambar seperti dibawah.
dan bila anda ingin menghapus secara manual, anda bisa menggunakan kombinasi tombol
CTRL+Shift+DEL pada keyboard untuk menghapus cache browser google chrome anda.

Cara Men-Disable Fitur Cache Pada Google Chrome
Google Chrome tidak seperti browser yang lain, misalnya Mozilla Firefox. dimana browser ini mempunyai setelan untuk mendisable fitur cache-nya tanpa harus mengaktifkan ke Private Mode.
berbeda dengan browser google chrome, menu setelan untuk mematikan fitur cache tersebut benar benar belum disediakan. kita bisa mendisable fitur cache pada Developer Tools, tapi sayang, fitur ini hanya dapat bekerja bilamana kita hanya membuka menu Developer Tools saja. jika developer tool kita tutup, maka secara default google chrome akan mengaktifkan kembali fitur cache-nya.
serba salah deh.. lha gimana, wong saya sudah memakai lokal proxy, ngapain harus butuh proxy lagi? bikin sesak isi harddisk saja kan?!

Beberapa Tips Men-Disable Fitur Cache

Setelah sedikit bergumul dengan internet untuk mencari cara yang tepat, akhirnya saya menemukan beberapa macam langkah untuk mendisable cache pada google chrome. sangat tidak praktis dan ribet. namun harapan saya semoga kedepan-nya fitur untuk men-disable cache ini bisa di sediakan oleh pihak google seperti layaknya tombol On-Off, macam sakelar lampu neon. heheheee...
Untuk cara banyak nih.. jika anda juga ingin men-disable fitur cache di google chrome, bisa memilih salah satu saja yang menurut anda paling simpel dan praktis.

Menambahkan option flag pada properties shortcut

Cara ini kita hanya perlu menambahkan baris flag di propertis shortcut google chrome, jika belum mengetahui cara-nya, anda bisa membaca-nya di artikel yang pernah saya tulis dibawah ini :

Mengaktifkan mode Incognito di Google Chrome

jika anda sudah memahami cara tersebut, lalu untuk mendisable fitur cache.. gunakan flag dibawah ini :
--disk-cache-size=N
Untuk "N" ganti dengan nilai/angka. misalnya 1 atau 2. atau juga bisa anda gunakan flag seperti dibawah,
--media-cache-size=N

Men-disable Cache dengan Cache Killer Extension

Cara ini mungkin cara yang paling tepat bila anda malas sekali untuk melakukan konfigurasi. yaitu kita hanya cukup memasang add-ons google chrome.
add-ons ini sudah saya coba cukup baik sekali untuk men-disable cache pada google chrome.
penggunaannya pun cukup mudah, seperti tombol sakelar lampu saja untuk meng-aktifkan dan mematikan fitur cache google chrome. untuk memasang, klik saja tautan dibawah ini :
Cache Killer Chrome Extension
Bila proses pemasangan selesai, nanti bisa anda lihat di pojok kanan atas akan terdapat gambar ikon kotak dengan tulisan ON atau OFF. tinggal anda gunakan saja dengan meng-klik tombol extensi Cache Killer tersebut, maka kita sudah dengan cepat untuk mematikan dan mengaktifkan fitur cache pada google chrome.

Demikian artikel pendek dan sekedarnya, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mengalami gangguan koneksi bilamana cache google chrome anda sudah mulai memenuhi space harddisk komputer.

Dan saya ucapkan terima kasih atas kedatangan-nya di blog semelekete ini. bye bye.. sukses buat anda.

Salam Ngoentji..!!

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn