Badai Suspend Channel Youtube Di Penghujung Tahun 2016

di penghujung akhir tahun 2016, google melakukan sapu bersih channel youtube. tanpa alasan yang jelas, tanpa pelanggaran.. banyak channel milik youtuber ikut diberangus. keputusan suspend yang terkesan sepihak ini menyisakan tanda tanya.
google bersih-bersih akun dan channel youtube di akhir tahun 2016
Artikel curhat.. Menjelang akhir tahun 2016 ini, mungkin akan menjadi bulan yang sangat tidak menyenangkan bagi para pemain youtube termasuk saya sendiri. entah ada apa di akhir bulan ini, google melakukan aksi bersih-bersih channel youtube yang terkesan sewenang-wenang.
Dari saya sendiri, juga mengalami hal serupa. channel utama yang tidak berisi video pun dikenai suspend dengan alasan spam, deceptive practice, missleading dan seterusnya..
Hellllloooooooooooww.... channel saya ini tidak ada video satu pun aja, kenapa dituduh seperti itu?!
ini seperti sebuah keputusan yang aneh?! dalam satu akun yang saya punya, terdapat 5 buah channel, dan dalam channel-channel tersebut tidak ada pelanggaran hak cipta ataupun pelanggaran aturan komunitas.. karena saya faham betul harus berbuat seperti apa agar tidak melanggar pedoman di youtube. setelah aksi bersih-bersih ini, google membabat satu channel utama yang mengakibatkan saya tidak bisa lagi memanajemen ke empat channel yang tersisa, karena saya sudah tidak diperbolehkan mengakses / login ke youtube. maka solusi yang saya lakukan menambah pemilik channel-channel tersebut ke email lain yang saya punya.. tapi apa yang terjadi..? setelah menambahkan pemilik ke email lain, channel utama pada email pemilik yang baru pun juga ikut terkena suspend, padahal dalam video tersebut hanya berisi video sejumlah dua buah, itupun berisi video anak saya, tak ada tag video, tak ada deskripsi video, channel disuspend tanpa ada pemberitahuan alasan yang jelas. dan jika saya coba akses channel tersebut.. tulisan-nya sama.. yang saya baca adalah sama dengan channel youtube milik saya yang telah di suspend, yaitu tuduhan missleading, spam dan sejenisnya.
Kejadian seperti ini bukan hanya saya yang mengalami-nya.. banyak teman-teman saya yang mengalami hal serupa. padahal mereka benar-benar menggantungkan hidup-nya dari penghasilan youtube. dan mereka pun sama sekali tidak ada yang terkena strike, dan mereka menggunakan / membuat video sendiri. ada beberapa teman yang berprofesi sebagai produser lagu-lagu daerah di banyuwangi yang channel youtube-nya ikut terkena suspend, padahal sama sekali tidak ada pelanggaran di channel-nya, entah itu dari sisi Copyright ataupun Community Guideline. dan juga tak ada email pemberitahuan yang menjelaskan kesalahan-nya apa yang menyebabkan channel harus di suspend.
Sedihnya bukan main, karena dari channel youtube tersebut, teman-teman saya sudah bisa mendapatkan earning jutaan dalam per tiap bulan. dan rata-rata channel mereka masih belum genap berusia satu tahun, tentu itu sudah prestasi yang bisa dikatakan berhasil jika kita fokus membicarakan "Menghasilkan Apa Tidak?"

google bersih-bersih akun dan channel youtube di akhir tahun 2016


Kejadian ini hanya menyisakan banyak pertanyaan dihati para korban aksi bersih-bersih ini, apa kira-kira kesalahan yang telah diperbuat?! appeal pun juga ditolak, sehingga semakin membuat bingung saja.
Apabila dalam kasus suspend yang dialami oleh teman-teman tersebut didasarkan atas kesalahan dalam pemberian tag video yang tidak related, lantas kenapa masih banyak channel-channel youtube yang dalam video-video-nya masih menggunakan tag video yang tidak berhubungan dengan konten video, bahkan masih banyak channel channel youtube dalam video-video-nya menerapkan pelanggaran yang jelas-jelas missleading, click bait atau sejenis-nya, mulai dari sisi penulisan judul dan dibagian thumbnail video.. dan channel mereka masih melenggang bebas!? bukankah ini hal yang aneh dan tidak menjunjung keadilan!?

unable to acces google product


Bot Youtube Error

Untuk saat ini, saya belum bisa memastikan, aturan apalagi yang akan diterapkan kedepan oleh pihak youtube. mengambil pelajaran dari kasus saya pribadi, channel tanpa ada video pun juga terkena babat. appeal pun ditolak. tentu keputusan ini menjadikan saya berfikir lagi, pasti ada penerapan aturan baru yang mungkin saya sendiri masih belum memahami-nya. atau mungkinkah ini korban dari bot youtube yang error!? entahlah.. semua masih meraba-raba sampai sekarang.
Yang jelas, bulan ini menjadi bulan yang menyedihkan bagi pemain youtube, karena telah banyak yang sudah menjadi korban penangguhan tanpa ada notifikasi alasan tersebut.
Dan banyak diantara mereka yang channel-nya telah ter-suspend bingung kehilangan penghasilan bulanan-nya.

Antisipasi

Atas kejadian ini, ada beberapa hal yang perlu kita antisipasi agar setidak-tidak-nya meminimalkan resiko seperti diatas. namun ini bukanlah jaminan, karena melihat contoh kejadian pada channel utama milik saya yang tanpa ada video pun juga terkena babat. jadi saya masih tidak menjamin aman.
Antisipasi yang saya lakukan saat ini pada channel yang masih bertahan adalah :

  • Membiarkan video-video di channel tanpa tag video satu pun. jika anda merasa takut akan kejadian serupa, segera hapus saja tag-tag video anda, apalagi jika dirasa anda memberikan tag video yang terlalu berlebihan dan tidak relevan, maka segera hapus saja.
    Dan jujur, untuk saat ini.. saya sudah tidak mempercayai tag video mampu mendongkrak jumlah view. jika anda tidak sepakat dengan asumsi saya... silahkan saja.
  • Hindari penggunaan thumbnail video yang tidak relevan.
  • Hindari penggunaan judul yang sifatnya sama dengan dua point diatas.. yang pada intinya menjurus ke missleading, click bait.
    biarkan saja mereka-mereka yang sudah menyukai tehnik missleading ataupun clickbait.. resiko mereka sendiri yang akan menanggung kelak.
  • Jangan pernah mengait-ngaitkan akun google ke akun google yang lain, dalam hal ini mengaitkan akun google yang anda gunakan untuk mengais rejeki ke akun google yang pernah bermasalah. dan juga jangan mengaitkan akun google yang anda gunakan untuk mengais rejeki ke nomor handphone yang pernah digunakan untuk verifikasi akun google yang bermasalah.
Saya rasa itu dulu yang perlu saya tulis.. kurang dan lebihnya, akan saya update pada artikel yang lain.
Semoga bagi teman-teman yang mengalami hal serupa diberi ketabahan hati serta kesabaran tiada batas.. dan semoga tetap semangat.
Bulan-bulan ini yang pasti Google telah membuat keputusan yang aneh serta tidak menjunjung rasa keadilan.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn