Modif Template Valid HTML5 Fast Loading Vikka Fast By Arlina Design

Template Vikka Fast loading dan 100% Valid html5 untuk Blogspot gratis
download template premium vikka fast arlina design

Template Vikka Fast buatan Arlina Design merupakan template yang bener-bener Fast Loading dan Valid HTML5. kali ini saya akan re-share template tersebut. template yang saya bagi ini versi gratis, jadi menurut pihak pembuat, jangan menghapus kredit nama pembuatnya dibagian footer.
Oh ya... pada awal saya memasang template Vikka Fast ke blog ini, uji validitas HTML5 menunjukkan adanya tanda error dan warning hingga sampai 10 baris lebih kalau tidak salah ingat, padahal pada versi asli dari Vikka Fast jika di check ke situs uji validitas HTML5 hanya menunjukkan satu warning.

Setelah selidik punya selidik ternyata ada struktur HTML yang salah pada bagian widget yang saya pakai. dan saya coba semampu saya untuk memperbaiki keterangan error dan warning tersebut, akhirnya semua masalah mengenai validitas HTML5 sudah benar-benar valid. dan selain itu saya juga mencoba mengedit beberapa error dan warning validitas HTML5 yang ada pada template Vikka Fast ini. dan hasilnya kini menjadi 100% valid HTML5.
Ada beberapa bagian yang saya rubah, namun sangat mendasar sekali, seperti warna , lebar layout , memodifikasi CSS kotak komentar yang awalnya tidak muncul jika dibuka melalui handphone serta penambahan CSS untuk responsive video yang saya dapat dari blog diangmr.com. untuk detail-detail yang lain akan saya jelaskan dibawah.

Lihat juga: Koleksi Template Blogspot Valid AMP Gratis

Yang Belum Fix:

Sayang, karena keterbatasan saya mengenai dunia HTML, XML dan sejenisnya, ada beberapa hal yang belum fix pada template ini. memang secara default dari sono-nya ada beberapa kendala pada template ini, saya hanya bisa memperbaiki yang mudah-mudah saja. beberapa hal yang harus di perbaiki yaitu:

  • Tidak tampilnya iklan dihalaman depan / Homepage blog
  • Halaman statis akan menunjukkan kode script atau kode HTML bila pada halaman itu kita isi layout untuk form kontak, atau yang lain, sebagai contoh bisa anda lihat dihalaman statis blog saya ini, misal Contact Form atau yang lain. terlihat baris-baris kode HTML atau Javascript yang sangat mengganggu penglihatan. contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

  • Selain itu fitur numbering yang jadi tidak tertata dengan baik, lihat contoh gambar dibawah ini:
numbering di template vikka fast
Untuk sementara, hanya tiga bagian itu yang masih menjadi kendala saya, sehingga sampai saat ini, kendala pada bagian-bagian template tersebut belum bisa saya perbaiki. saya pun juga menjadi ragu, apakah kendala diatas tidak terjadi pada template versi premium?! saya sendiri juga tidak mengerti, harus membeli versi yang premium dulu kali ya?
tapi bila teman-teman ada yang bisa membantu untuk memperbaiki-nya, jangan lupa bisikin cara-caranya ya? heheheheee...

Yang Sudah Fix:

Bagian-bagian pada template ini yang sudah bisa saya perbaiki juga tidak banyak, karena pada dasarnya saya sendiri tidak menguasai coding html dan segolongan-nya. jadi harap dimaklumi saja.
berikut ini yang berhasil saya perbaiki dan saya tambahkan pada template Vikka Fast ini :
  • 100% valid HTML5. hasil uji validitas template standar dari Arlina ini sebetulnya masih ada peringatan error, mungkin gak jadi soal kali ya? tapi karena saya penasaran dan ingin mencoba menghilangkan tanga error tersebut, akhirnya perbaikan validitas HTML5 bisa saya kerjakan. berikut ini contoh bukti capture hasil uji template antara Vikka Fast standar dengan yang sudah saya perbaiki.
test validitas html5 pada template vikka fast modifan
100% Valid HTML5 Vikka Fast Modif

test validitas html5 pada template vikka fast standar
Hasil test template Vikka Fast Standar
  • Selain itu yang saya perbaiki ada di bagian margin antara gambar dan text, pada template standar Vikka Fast jika dalam artikel kita menyisipkan gambar ke posisi dipinggir, maka gambar dengan text artikel akan bertabrakan, sehingga akan kurang sedap dipandang mata, maka bagian itu kini sudah tidak perlu dirisaukan lagi.
  • Pada template Vikka Fast yang saya modif ini, saya buat pada bagian halaman statis tidak akan menampilkan widget.
  • Memperbaiki CSS kontak komentar yang tidak muncul bila di akses via mobile gadget.
  • Menambah lebar layout dari standarnya yang menggunakan lebar 920px, saya rubah ke 1000px.
  • Melebarkan menu navigasi seimbang dengan lebar layout
  • Memperbaiki kode-kode script menjadi async, agar membantu untuk semakin fast loading.
  • Menambah CSS untuk video responsive, dengan penambahan CSS ini, jika teman-teman memposting video dari youtube, maka layar video akan bisa menyesuaikan ukuran sesuai layar perangkat aksesnya. cara pakai bisa dilihat dibawah.

Cara Pakai:

  • Sebagai panduan cara pakai, bisa menggunakan panduan bawaan dari Arlina Design yang sudah saya sertakan didalam file yang saya compress ke format zip.
  • Untuk format video responsive, cara penggunaaannya adalah seperti dibawah ini:
<div class="video"><iframe allowfullscreen="" frameborder="0" height="315" src="kode-embed-video" width="560"></iframe></div>
  • Bila anda menggunakan widget untuk Histats, baca cara modifikasi kode histats agar menjadi valid HTML5 dibawah ini:
Modifikasi Kode Histats Valid HTML5


Demikian yang bisa saya bagi, bila ada dari teman-teman yang mampu memperbaiki agar lebih maksimal, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi di kotak komentar ya?

Anda tertarik untuk mengais uang melalui YouTube? baca panduan premium mengenai YouTube dibawah ini:

Tips Optimisasi Youtube Agar Banjir Trafik Penonton

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn