Perlukah & Waspadalah Dalam Penulisan Tag Di Video Youtube

Perlukah penulisan tag video pada youtube? penulisan tag video pada youtube membutuhkan kehati-hatian agar tidak berbuah sanksi seperti strike ataupun suspend pada channel. maka pada artikel kali ini akan membahas masalah tersebut.
penulisan tag video youtube
Mengais rejeki di dunia video di youtube sangat lah menggiurkan. selama saya bermain video youtube, banyak sekali hal yang saya pelajari. namun yang perlu di ingat adalah ke-hati-hatian dalam memanajemen channel yang sedang kita tangani. kesalahan sedikit saja bisa berakibat suspend, atau paling ringan channel akan terkena strike, bisa berupa copyright strike atau community guideline strike.
Pada bahasan kali ini, yang ingin saya tulis adalah perihal penulisan tag video pada youtube.
seringkali saya lalai dalam masalah ini, banyak kejadian yang di alami oleh pemain youtube dengan berbuah sanksi hanya karena penulisan tag yang berlebihan bahkan tidak berhubungan dengan konten video. bahkan saya sendiri pun berusaha keras untuk selalu menulis tag yang sesuai porsi-nya saja masih saja salah dan berbuah strike.
Lantas seperti apakah penulisan tag video pada youtube!? atau kalau kita bertanya lebih ribet lagi..
perlukah penulisan tag video tersebut?
Nah.. pada dua point ini akan saya bahas seperti apa penulisannya, dan perlukah kita menuliskan tag pada video-video kita.

Cara Penulisan Tag Video Youtube

Susah-susah gampang. penulisan tag video di youtube tetap harus ber-hati-hati agar tidak berbuah bencana.
Apabila anda mempunyai video dengan judul "Tehnik Potong Rambut Pria Terbaru".
maka penulisan video tag-nya tidak boleh mengulang-ulang kata yang ada pada judul video ataupun pada deskripsi video.

Contoh penulisan tag video yang harus dihindari mengacu pada judul diatas :
  • trik potong rambut
  • model rambut pria
  • potong rambut pria terbaru
  • rambut
  • rambut pria terbaru
Penulisan tag video diatas harus dihindari, karena sering mengulang-ulang kata yang sama yang terdapat pada judul video, atau mungkin pada deskripsi video jika anda tambahkan.
penulisan tag seperti itu disebut dengan istilah Tag Stuffing.
Agar lebih jelas.. bisa anda baca aturan-aturan penting pada youtube pada tautan dibawah ini :
https://support.google.com/youtube/answer/2801973?hl=id
https://support.google.com/youtube/answer/7002331?hl=id 

Banyak hal-hal penting yang bisa anda ketahui disana, bukan hanya membahas seputar penulisan tag, tapi juga ada beberapa penjelasan jenis pelanggaran lain-nya.
Dan pada intinya adalah :
Penulisan tag tidak boleh mengulang-ulang kata kunci yang terdapat pada judul ataupun yang ada di deskripsi video. penulisan tag harus berlainan dengan kata-kata yang ada pada kedua bagian diatas, namun masih tetap berhubungan dengan konten video.

Kalau difikir-fikir, bagi saya pribadi, hal ini masih saja beresiko. inilah salah satu alasan saya kenapa saat ini saya sudah tidak pernah menuliskan tag video lagi. ✌

Perlukah Penulisan Tag Video Youtube? 

Ini pertanyaan yang bagus dan sampai saat ini masih menjadi perdebatan. tapi saya sendiri dalam persoalan ini lebih beranggapan bahwa penulisan tag sudah tidak begitu penting. terlebih jika kita sadar betul atas resiko kesalahan dalam penulisan tag video.
Pada saat awal bermain youtube, penulisan tag sangat berpengaruh sekali.. namun setelah youtube sering memperbarui system-nya. penulisan tag video menurut saya sudah tidak menjadi kewajiban lagi.

Perlukah & Waspadalah Dalam Penulisan Video Tag Di Video Youtube

dan saat ini pada video-video yang ada di channel yang saya handle, sudah saya hapus tag-tag video-nya. itupun bila saya ingin memberikan tag, paling hanya satu tag saja.
dan ternyata benar, ada ataupun tiada tag video, tidak ada perubahan signifikan pada naik-turun-nya viewer.
Namun bila anda masih ingin tetap menggunakan tag video, acuan-nya seperti pada yang sudah saya tulis diatas tadi. berhati-hatilah dalam memilih tag. mungkin anda sering melihat banyak video menggunakan tag yang tidak relevan dengan konten video dan masih aman-aman saja, tapi ingat.. ini demi keamanan channel video kita sendiri. biarkan saja yang lain bermain tidak aman, yang terpenting kita sendiri sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mematuhi aturan main. karena aturan youtube sangatlah ketat dan benar-benar kejam.

Solusi Tanpa Tag Video

Bilamana anda setuju dengan saya bahwa penulisan tag sudah tidak memberikan arti apa-apa, maka apa solusinya?
Jawaban yang tepat adalah menggunakan deskripsi video. namun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sama. jangan menulis ulang kata-kata yang sama, yaitu mengulang-ulang kata kunci yang ada di judul video maupun mengulang-ulang kata kunci yang sama.

Oke.. semoga bisa mudah dimengerti agar bisa anda jadikan bekal untuk mengais dollar di Youtube.
apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar ya.!?
Dan jangan lupa baca juga artikel Tips Youtube Lain-nya.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn