Badai Suspend YouTube Di Akhir Tahun 2016 Apakah Error System?

Badai suspend yang dilakukan youtube pada akhir tahun 2016 menyisakan rasa kecewa. namun pada kejadian itu terdapat keanehan. dan dugaan saya serasa benar, karena sekarang akun saya dipulihkan dan bisa meng-akses youtube lagi.
akun-dipulihkan-oleh-youtube

Judul artikel diatas bukan saya dapat dari pernyataan dari pihak YouTube, namun hanya perkiraan saya saja. tapi bukan berarti tanpa alasan, saya mengalami hal-hal yang aneh setelah YouTube mensuspend serta menghapus seluruh channel yang saya punyai.
Saya pun juga meyakini, pasti ada beberapa teman-teman youtuber lainnya yang merasakan hal seperti yang saya alami.

Awal kisahnya pernah saya tulis di artikel Badai Suspend YouTube di Penghujung Akhir Tahun 2016.
teman-teman bisa membaca kisah yang saya alami. dan banyak orang serta teman-teman saya mengalami hal serupa. channel-channel yang tanpa ada pelanggaran terkena suspend tanpa babibu.
lalu apakah benar badai suspend tersebut merupakan kesalahan bot algoritma YouTube? saya sendiri pribadi sih meyakini "iya", kenapa? berikut ini akan saya jelaskan ke-anehan-ke-anehan yang saya alami setelah seluruh channel yang saya punyai telah disuspend dan dihapus satu-persatu.

Keanehan

Setelah saya mendapatkan pemberitahuan ke nomor handphone saya, bahwa YouTube menyatakan telah men-suspend akun google dan akan menjadwalkan penghapusan, saya diharuskan untuk login ke google untuk memverifikasi agar proses tersebut tidak diberlakukan, lalu saya pun menuruti langkah-langkah tersebut dan nyatanya seluruh channel satu-persatu, hari demi hari di babat. yang aneh lagi adalah channel utama yang tidak ada video satupun tersuspend lalu di ikuti oleh penghapusan channel-channel kedua, ketiga dan seterusnya.

Setelah kejadian tersebut, saya sangat merasa di berlakukan dengan tidak adil, mengingat apa yang saya unggah adalah video-video positive dan tidak ada pelanggaran satupun yang saya lakukan (asumsi saya).
Lalu karena terdorong oleh rasa ketidak adilan, saya lalu mengajukan Appeal untuk beberapa channel yang saya anggap paling berarti buat saya.
Setelah saya kirimkan appeal, kurang lebih membutuhkan waktu 3-4 hari, saya mendapatkan balasan yang isinya bisa ditebak, bahwa pengajuan banding ditolak. insting saya mengatakan bahwa ini adalah jawaban BOT yang sudah seringkali menjawab pengajuan banding.
Oke lah, saya hanya bisa mengalah, setelah semua pengajuan banding ditolak, maka saya putuskan untuk menghapus seluruh channel-channel tersebut agar Earning yang sudah saya dapatkan bisa turun di report Adsense. dan setelah saya hapus semua. saya hanya bisa pasrah, dan tegar... sembari menunggu jadwal PO turun di tanggal 15 Desember 2016.

Kejadian Mengejutkan

Setelah saya sudah tidak mempunyai channel YouTube, otomatis akses saya ke YouTube sudah tidak ada lagi, login pun pasti akan keluar gambar tumpukan tv yang menyatakan bahwa "Tidak bisa login dikarenakan kesalahan yang pernah saya lakukan sebelumnya"
Galau rasanya, saya tidak biso login, tidak biso mengkomentari video-video menarik. dan akhirnya saya putuskan untuk membuat channel baru dengan email baru.

Ditengah sibuknya saya mengupload video-video backup ke channel terbaru, saya sempat dikagetkan dengan isi email yang dikirimkan oleh pihak YouTube.
Apa isi email tersebut?! isinya kurang lebih seperti gambar yang saya lampirkan seperti dibawah ini:

balasan-dari-youtube-yang-pertama
Balasan appeal pertama
Dalam isi email tersebut sangat membuat saya bertanya-tanya, lantas apa maksud balasan appeal sebelumnya yang berisi penolakan banding yang sudah saya kirimkan bila akhirnya pihak youtube mengirimkan pertanyaan tentang url channel yang ingin dipulihkan..
Namun karena saya sudah terlanjur menghapus channel yang sudah di hapus, maka saya jawab seadanya, seperti yang bisa dilihat pada bagian bawah.. simple banget dan merasa seperti orang tak berdosa.

Setelah kiriman email tersebut, saya udah berusaha move on dengan channel baru, harapan baru..
eeeeh.. pas tanggal 29 bulan desember 2016 yang lalu, si YouTube mengirimkan lagi ke gmail saya dengan isi yang sama dengan email diatas. saya makin bingung... apa nih maksudnya YouTube!?
channel saya sudah di hapus, saya ajukan banding juga ditolak. kenapa setelah itu ada pertanyaan untuk melampirkan url channel yang akan diajukan banding!? isi email dari YouTube yang kedua isinya seperti dibawah, dan saya jawab dengan bahasa inggris sebisa saya alias ngawur namun maksud-nya tetap nonjok:

balasan-dari-youtube-yang-kedua
Balasan Kedua
Setelah dua kali mendapat pertanyaan dari pihak YouTube untuk menyertakan url channel yang mana channel sudah saya hapus, maka saya anggap persoalan diatas sudah tidak ada jalan keluar, dan saya akan tetap tidak mendapat akses lagi di YouTube.

Akses ke YouTube Kembali Di Pulihkan

Setelah kurang lebih 4 hari paska pembuatan channel baru dan saya meng-upload video-video yang sudah pernah saya unggah di channel yang terhapus. saya begitu kaget... disaat saya menggunakan akun google ini (akun yang saya gunakan untuk blogging ini), dikala iseng saya membuka halaman YouTube, saya merasa tak percaya... dengan sendiri-nya saya sudah login ke dalam YouTube.
dan untuk meyakinkan, maka saya coba untuk mengklik icon Creator Studio yang ada di YouTube, dan ternyata benar, pihak YouTube telah memulihkan akun yang saya gunakan untuk bisa menggunakan layanan YouTube kembali.
Namun tak ada yang bisa saya harapkan lagi, karena channel-channel sudah saya hapus karena appeal ditolak. tapi setidaknya saya sedikit bisa bersyukur, karena saya masih punya kesempatan lagi untuk menggunakan layanan video-nya pada akun ini.

Apakah teman-teman juga mengalami hal yang sama dengan saya?! jangan lupa tinggalkan komentar-komentar-nya.

Baca Juga:
Cara Jitu Memulihkan Ikon Dollar Yang Didisable Pada Video YouTube

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn