Solusi Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging

Mencari tahu penyebab baterai laptop yang tidak mau mengisi ketika di charging. ternyata permasalahan baterai yang tidak mau di charging bukan terletak pada baterai ataupun pada charger-nya saja, namun bisa ditimbulkan oleh posisi baterai yang tidak presisi. masalah ini saya alami pada laptop Asus X451C yang tidak mau mengisi ketika di charge
Blog Koentji - Kemarin ada seorang guru sekolah dasar datang bersama salah satu saudara saya membawa laptopnya, si pemilik mengatakan jika laptop tersebut tidak mau mengisi ketika di charging. dan akhirnya laptop itupun ditinggal ditempat saya. beruntung kondisi baterai laptop terisi dalam keadaan penuh. jadi masih sempat untuk saya cek dibagian perangkat lunak, barangkali ada masalah. ternyata juga tidak ada masalah berarti. dan ketahanan baterai-nya pun juga cukup panjang, jadi saya asumsikan baterai dalam kondisi bagus.

Lalu prediksi saya berpindah ke charger, apakah ada yang tidak beres dengan charger. lalu saya coba untuk saya gunakan di laptop yang lain, dan ternyata charger masih normal tidak ada masalah apapun. dari sini saya semakin merasakan pusing kepala dan pingin muntah.. heheheehheee...
Lalu akhirnya saya berfikir untuk melepas baterai-nya saja, barangkali terjadi hal-hal yang tidak di inginkan (istilah-nya saya ini sok tahu, padahal tidak mengerti apa-apa).

Lalu saya begitu kaget, karena disaat saya akan melepas baterai, saya makin bingung, ditaruh dimana nih baterai laptop merk Asus X451C ini...? hmmmm.. makin runyam ceritanya. akhirnya dengan memberanikan diri, saya coba membongkar casing laptop ini dengan cukup hati-hati. karena jika setelah baut-baut pengunci terlepas semua lalu kita membuka-nya dengan grusah-grusuh, maka bisa jadi ancur laptop orang tersebut.
dan setelah saya pastikan baut sudah terlepas semua, saya coba cek dibagian jack yang menempel di mainboard laptop sambil berlagak sok tahu.. heuehehueheuu... apakah ada sambungan yang terputus atau hal-hal yang lain.. ternyata juga masih tersambung dengan baik. dan ini makin membuat kepala saya pusing tak karuan.

Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat ChargingLalu seperti dapat bisikan ghaib, entah kenapa saya saat itu langsung mencoba melepas baterai yang memang diletakkan didalam casing. saya coba ketuk-ketuk dengan jari telunjuk sambil memasang charger ke laptop. hasil-nya, tiap saya ketuk dan terkadang dengan sedikit tekanan ke baterai. charger bisa melakukan pengisian dengan normal, tapi jika tekanan jari saya lepas, proses pengisian itu akan terhenti..
wah... akhirnya sedikit terbuka juga tabir misteri ini, ya.. saya katakan misteri, karena saya benar-benar tidak menguasai permasalahan seperti ini. dan setelah itu terfikir untuk saya gancal dengan sobekan kertas di sela tempat baterai itu, dengan tujuan agar posisi-nya sedikit sesak dan tidak bergoyang. dan apa yang terjadi setelah saya isi dengan lipatan kertas di sela-sela baterai tersebut?! hasilnya mengejutkan, kini baterai laptop ini sudah bisa mengisi kembali ketika charger dipasang. dari sini saya merasa sangat bahagia sekali, berawal dari sok tahu masalah sepele bisa teratasi.
Dan mungkin bagi pembaca artikel ini yang kebetulan mengalami hal yang sama, baterai tidak dapat mengisi ketika charger dipasang, bisa jadi masalah yang dialami sama dengan cerita saya diatas. namun adakalanya bisa juga terjadi masalah pada charger (entah itu kabel hingga semua komponen yang ada pada charger). yang jelas kita juga tidak boleh grusa-grusu untuk mem-vonis bagian mana yang rusak, setidak-nya harus ada proses penyeledikan secara bertahap. meskipun anda sok tahu seperti saya. yang penting kita bisa belajar darisini.

Dan jika kebetulan anda mempunyai type laptop yang sama dan mengalami masalah yang sama, tidak ada salah-nya untuk mengikuti sedikit panduan ringkas dibawah ini, karena jika kita tidak ber-hati-hati dalam membuka casing laptop ini juga akan bisa merusak keutuhan casing. saya sendiri heran, kenapa sih baterai diletakkan didalam casing..? merepotkan saja..
Okelah.. untuk petunjuk pembongkaran casing laptop asus seri ini, simak saja pada gambar dibawah ini :

  • Lepas seluruh baut pengunci di bagian belakang body casing.
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging

Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging

Yang harus di ingat, pisahkan sendiri-sendiri baut yang sudah dilepas, karena baut tersebut mempunyai panjang yang berbeda untuk bagian depan, belakang, jangan sampai tertukar posisi.

  • Lepas casing yang menempel ketat secara perlahan-lahan, jika anda buka dengan kasar, bisa melepas pengait kabel trackpad, keyboard dan yang lain. jadi untuk membuka casing yang menjepit ini, anda bisa menggunakan bantuan plastik bekas kartu simcard, lalu gunakan sebagai pembuka di sela-sela casing tersebut.
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging

Gambar diatas bisa kita lihat, kabel konektor keyboard.trackpad menancap ke mainboard, jadi butuh ke sabaran untuk membuka casing yang saling menjepit ini. jangan sekali-kali membuka dengan cara kasar ya gan?
  • Saran saya, setelah casing bagian atas sudah terlepas, kabel konektor-nya jangan dilepas, jadi cukup di sisihkan agak kebelekang agar kita bisa melepas baterainya.
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
Untuk melepas baterai ini, tarik saja keatas secara perlahan dengan menjepit di sisi samping baterai secara perlahan-lahan ke atas.

  • Setelah baterai terlepas, siapkan lipatan kertas tipis, atur ketebalan-nya hingga dirasa cukup agar posisi baterai tersebut di mudah goyang.
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
posisi lipatan kertas pengganjal
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
memasang baterai yang sudah diganjal kertas
posisi lipatan kertas bisa anda atur dimana aja, bisa anda cari posisi-nya hingga benar-benar presisi dan tidak goyang. setelah itu, jangan lupa coba tancapkan charger-nya untuk menguji, apakah charger bisa langsung mengisi, jika lampu indikator charging bisa menyala ketika charger di tancapkan, maka proses pengganjalan kertas diatas berhasil, namun jika lampu indikator charging masih sering merem melek, atur lagi posisi kertas pengganjal ke posisi yang lain. atur hingga benar-benar fix.
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
proses test paska pengganjalan kertas
Baterai Laptop Asus X451C Tidak Mengisi Disaat Charging
fixed
Dan dari langkah diatas, anda sudah bisa menutup casing bagian dengan membalik langkah-langkah diatas dari langkah terakhir ke langkah awal.
dari sini pada kasus yang saya hadapi bisa teratasi. entah karena faktor apa hingga menyebabkan baterai ini bisa seperti itu, saya juga belum sempat bertanya ke si pemilik laptop, mungkin dari perkiraan,laptop ini pernah terjatuh atau hal lain yang menyebabkan ada sedikit pergeseran body casing hingga membuat posisi baterai tidak menjadi presisi lagi.

Oke.. cukup sekian saja artikel yang saya tulis kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami hal sama.
jika ada salah dan kurang-nya penyampaian, saya mohon maaf.

Merdeka..!!!

Baca juga tips menganalisa dan fixing hardisk yang sering ber-bunyi klik-kluk dibawah :
http://koentji.blogspot.com/2015/06/mengatasi-masalah-harddisk-berbunyi-klik.html

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn