Bypass Internet Positif Dengan Mikrotik

Cara bypass internet positif menggunakan mikrotik, cukup mudah untuk diterapkan karena metode ini cukup menggunakan metode forwarding dns saja. jadi aktifitas browsing masih terasa ringan.
Bagi pengguna internet di indonesia saya rasa sudah tidak asing lagi disaat kita berselancar di dunia maya, sering menemui halaman web internet positive. dan itu berarti bahwa situs yang hendak kita akses telah di blokir oleh isp yang kita pakai, misal seperti telkom speedy atau yang lain.
dan itupun juga sering saya alami dikala saya akan mengakses situs video seperti vimeo.com yang sering saya jadikan referensi untuk mencari video panduan tentang komputer. namun setelah ada kebijakan disaat menkominfo masih dijabat oleh Bpk. Tifatul Sembiring, situs video seperti vimeo pun terkena dampak pemblokiran hingga sekarang.

Panduan ini sebetulnya bukan lah panduan istimewa, namun sengaja saya tulis disini agar bisa membantu bagi anda yang mempunyai warnet atau jaringan internet yang menggunakan mikrotik sebagai manajement internetnya. karena untuk mem bypass internet positif dengan mikrotik ternyata cukup mudah. dan sampai saat ini saya masih menggunakan metode ini di mikrotik yang saya gunakan di rumah saya.
Konfigurasi yang akan kita terapkan ini cukup mudah, yaitu hanya memforward DNS speedy ke DNS yang lain (misal OpenDNS) menggunakan fasilitas NAT yang ada di mikrotik.
Untuk langkah-langkahnya, mari siapakan dulu winbox untuk meremote mikrotik-nya. lalu silahkan copy-paste command berikut ke terminal mikrotik. dibawah ini command yang perlu anda copy-paste (copy yang berwarna merah saja) :

Untuk bagian Firewall >> Filter Rules :
;;; Accept DNS
chain=input action=accept protocol=udp src-port=53


Untuk bagian Firewall >> Nat :
;;; Bypass Telkom DNS  
chain=dstnat action=dst-nat to-addresses=208.67.220.220 to-ports=443 protocol=udp dst-port=53


*Ganti bagian ip dns 208.67.220.220 dengan ip dns yang menurut anda paling bagus dan yang pasti mampu mampu membypass internet positif dengan baik.

Setelah itu cek dengan cermat, apakah konfigurasi diatas sudah masuk di menu Filter rules dan Nat? jika sudah masuk, lalu coba bersihkan cache DNS-nya dibagian menu IP >> DNS, lalu klik di bagian menu Cache, dan tekan tombol Flush Cache.
Cara Bypass Internet Positif Dengan Mikrotik

Di bagian setting DNS di mikrotik, anda bebas mengisikan ip dns manapun, entah itu dns dari telkom speedy atau yang lain. di mikrotik yang saya gunakan, saya menggunakan dns bawaan speedy.
penggunaan dns di menu DNS mikrotik menurut saya tidak begitu penting, toh nanti dns tersebut akan diredirect ke DNS yang sudah kita terapkan pada langkah-langkah diawal tadi.

Dan setelah itu bisa anda coba mengakses situs yang sedang diblokir oleh internet positif. misal situs seperti www.vimeo.com. jika anda sudah tidak melihat layar internet positif, berarti konfigurasi yang sudah kita terapkan diatas tadi berhasil dan sukses. nanti akan ada trafik yang bisa kita lihat di setting NAT pada rule yang sudah kita buat tadi, seperti dibawah ini trafik yang masuk disaat saya mengakses situs vimeo.com :
Trafik DNS Forward
Dan cukup sekian panduan mudah untuk cara bypass internet positif menggunakan mikrotik. dan tetaplah bijak untuk berselancar di dunia maya dikala kita bisa mengakses situs-situs apapun tanpa lagi menemui halaman internet positif lagi, karena kita juga berkewajiban untuk menjaga agar situs-situs yang tidak perlu diakses bisa di lihat oleh pengguna internet yang masih dibawah umur.
Akhir kata, sekian saja. mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan pada artikel ini.
Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Salam hangat "Tips Kunci"

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn