Mencari Tahu Ip Publik Hanya Dengan Menggunakan CMD

Cara mudah mencari tahu ip publik yang kita gunakan disaat terkoneksi ke internet hanya dengan menggunakan bantuan command line. cara ini bisa kita terapkan di sistem windows maupun di sistem unix.
Cara Mudah Mencari Tahu Ip Publik hanya dengan menggunakan bantuan baris perintah di aplikasi CMD pada windows. sehingga kita tidak perlu membuka bantuan website seperti ipgue.com ataupun website sejenis untuk mencari tahu ip publik yang kita gunakan saat terhubung ke internet.
Dan sebetulnya ada banyak cara/metode yang bisa digunakan untuk metode ini dengan hanya menggunakan bantuan comman line saja, namun bagi saya cara yang saya tulis pada artikel ini sangat sederhana namun hasilnya sangat akurat.

Tehnik ini hanya menggunakan request DNS untuk mencari tahu ip publik yang sedang kita gunakan.
metode ini bisa diterapkan pada sistem windows serta pada sistem unix (misal linux atau mac os x).
dan akan di bagi dalam beberapa macam jenis command.
Berikut ini command yang telah saya coba dan terus saya gunakan. anda bisa mencoba-nya juga.


Command Via Request DNS

Command dibawah ini bisa anda gunakan di sistem windows. saya menggunakan command ini di windows seven, jika anda menggunakan windows xp, saya rasa masih bisa digunakan. silahkan dicoba. copast baris perintah berikut ke layar CMD lalu tekan tombol enter.
nslookup myip.opendns.com resolver1.opendns.com
cara-mudah-mengetahui-ip-publik-di-windows

Pada gambar diatas, hasil pencarian ip publik bisa kita lihat di bagian yang saya beri tanda kotak kuning pada tulisan Non-Authoritative answer > Address.

Sedangkan untuk pengguna unix sistem, bisa anda coba dengan menggunakan command dibawah ini.
untuk saat ini saya masih belum sempat mencoba command ini, karena masih belum sempat login ke sistem operasi unix base. tapi nanti akan saya update hasilnya. berikut ini command yang bisa anda terapkan :
$ dig +short myip.opendns.com @resolver1.opendns.com

Kesimpulan

Dengan bantuan sederhana seperti yang sudah tertulis diatas, akan lebih memudahkan saya atau mungkin anda agar tidak selalu menggunakan aplikasi terpisah maupun bantuan website semacam whatismyip ataupun service sejenis.
penerapan tehnik ini cukup cepat dan efisien. jika anda menggunakan metode yang lain namun tetap menggunakan bantuan command line.. anda bisa menambahkan masukan di kotak komentar. dan nanti akan saya coba dan saya masukkan ke artikel ini sebagai pelengkap.

Terima kasih atas kesediaannya berkunjung ke blog koentji ini.. saran serta masukan silahkan di tulis pada kotak komentar. god bless u..!

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn