Tips Optimasi SEO Video Youtube Agar Banjir Trafik

Tips penting optimasi seo onpage pada video youtube agar lebih mudah mendapatkan banyak view dengan cepat.
Tips Optimasi SEO Video Youtube Agar Banjir Trafik
Mengoptimasi SEO pada youtube merupakan hal yang gampang-gampang susah. tujuan optimasi seo on page pada youtube adalah agar video bisa lebih mudah muncul dalam hasil pencarian.
Namun, untuk bisa menuai hasil yang diharapkan.. ada langkah-langkah ter-struktur yang perlu kita fahami.
Jujur, blog ini jarang saya urus bahkan tidak ter-urus, karena kesibukan saya di youtube. selain itu youtube adalah satu-satunya penyangga kebutuhan hidup saya dan keluarga saya.
dan pada kali ini, saya mencoba menulis pengalaman saya selama menggeluti dunia video youtube.

Perlu diketahui, selama saya bermain video di youtube, saya sama sekali tidak pernah menjadi youtube content creator, yang saya lakukan adalah hanya menggunakan metode re-upload video. tentu hal ini akan terdengar miris, bisa jadi saya akan dikatakan tidak kreatif atau mungkin cemo'ohan yang lain. namun satu hal.. terlepas kita seorang youtube content creator atau re-uploader, pada akhirnya, kita akan dihadapkan dengan permasalahan bagaimana video tersebut bisa ditonton oleh banyak orang. agar usaha yang sudah kita kerjakan tidak sia-sia.
Dan disitulah letak kesamaannya.. anda content creator, sedangkan saya pemain re-upload, anda orang kaya, sedangkan saya tidak mempunyai modal apa-apa untuk membuat video (misal ketiadaan perangkat kamera yang mahal atau perangkat lainnya).

Saya memilih jalur sebagai re-uploader karena kondisi yang tidak memungkinkan.. karena untuk menjadi youtuber, setidaknya kita harus mempunyai perangkat seperti kamera, meskipun itu kamera handphone. sedangkan saya sendiri sewaktu pertama kali memulai bisnis online ini masih menggunakan handphone yang tidak mempunyai fitur kamera..

Tips ini sebetulnya sudah saya tulis di forum besar para pelaku IMERS di negeri ini, dan berhari-hari menjadi Hot Thread hingga tulisan ini saya tulis masih nongkrong di posisi ke satu dan dua. saya cukup senang, karena banyak warga forum itu yang merasa cukup senang & antusias dengan artikel yang saya tulis.. mungkin dengan artikel tersebut mereka sangat merasa terbantu.
Saya merasa maklum, karena sampai sekarang.. AFAIK, masih belum ada tips tutorial yang detail dan tricky untuk membahas persoalan optimasi seo on page pada video youtube.

Di blog ini, saya tidak akan mengulang tulisan artikel saya secara detail, namun akan saya tulis point-point penting apa saja agar video anda di youtube bisa semakin berpotensi mendapat banyak view dari pentonton.
dan yang harus kita fahami adalah kekuatan niche yang anda bawa, yang artinya.. seberapa banyak niche video tersebut dicari dalam jangka waktu seminggu, sebulan dan seterusnya.
Untuk dapat mengetahui hitungan tersebut, kita perlu menggunakan bantuan online tool seperti Keyword Planner, dan sebagai pelengkap, kita juga membutuhkan tool lain-nya seperti soovle.com dan keywoordtool.io.
dari panduan pencarian referensi keyword pada ketiga online tool tersebut, maka akan membantu kita untuk mengerucutkan pemilihan topik/niche yang akan kita usung.

Oke,, agar tidak semakin panjang, akan saya bahas satu persatu point penting dalam melakukan optimasi seo on page pada video youtube. dan kedepan.. saya akan terus menulis pengalaman saya selama bermain youtube pada blog ini agar bisa dijadikan panduan bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan bisnis online melalui jalur broadcasting video.

Langkah Optimasi SEO Video Youtube

Ingat..!! meskipun youtube merupakan media video yang lebih rich daripada media artikel.. toh tetap saja kita membutuhkan media text untuk menjelaskan ke sistem youtube, bahwa video kita adalah video yang berisi konten ini atau itu. jadi dengan cara ini, maka sistem youtube akan lebih mudah mengidentifikasikan informasi video kita kepada penonton yang membutuhkan informasi yang relevan dengan konten video kita.
Maka tak heran apabila youtube menyediakan kolom bagan untuk mengisi tulisan deskripsi video, dan tag video. jadi maksimalkan fitur tersebut. dan disini yang akan kita bahas adalah optimasi pada bagian itu. mari kita mulai...

Judul Video

Judul video merupakan syarat dasar agar video kita bisa kita kenali. dengan pemberian nama yang relevan maka akan memudahkan youtube untuk menyimpan informasi mengenai video kita kepada para pencari video.
Bayangkan apabila anda sendiri menyimpan puluhan file video tanpa nama didalam harddisk komputer kita, maka untuk mencari file video tertentu... maka mau tidak mau kita harus mencoba memutar video satu persatu dulu.. dan tentu ini akan menyita banyak waktu.
Memilih judul video juga sebisa mungkin jangan asal-asalan, karena jika kita ingin mempunyai video yang mudah dalam hasil pencarian, maka kita membutuhkan riset kata kunci yang tepat. dalam hal ini saya selalu menggunakan bantuan Keyword planner, soovle dan keywordtool, kesemuanya adalah tool gratis yang bisa kita manfaatkan.

Deskripsi Video

Penulisan deskripsi video pada video youtube juga sangat-sangat membantu mempermudah youtube untuk menemukan file video anda pada hasil pencarian. maka bilamana kebiasaan anda malas untuk memberikan deskripsi video, maka kebiasaan itu segera mungkin ditinggalkan saja dan berilah video deskripsi di masing-masing video anda dengan sabar dan telaten.
Youtube menyediakan 5000 karakter yang bisa anda manfaatkan untuk mendeskripsikan isi video anda. dan tentu ini juga tidak cukup hanya dengan menulis asal. semua mesti memerlukan perhitungan. tidak perlu menulis layaknya artikel blog. cukup deskripsikan dengan secukupnya sesuai dengan keyword apa yang anda fokuskan.

Tag Video

Sama halnya dengan deskripsi video, namun pada bagian video tag, kita hanya diberikan fasilitas yang cukup terbatas. umumnya, kita bisa menulis keyword generic, judul video atau hal-hal singkat mengenai apa saja yang berhubungan dengan konten video.

Thumbnail Video

Banyak dari pengalaman yang saya dapatkan bahwa pemilihan thumbnail video yang tepat akan membantu mendongkrak jumlah viewer video kita. tapi tentu.. sebisa mungkin kita harus memberikan thumbnail video yang sesuai dengan konten video kita sendiri. agar kita terhindar dari sanksi Missleading Metadata.
apabila anda mampu menguasai program image editor seperti photoshop atau free online image editor, maka manfaatkanlah kemampuan itu untuk menghias thumbnail video anda agar terlihat lebih menarik mata calon penonton, tambahkanlah tulisan yang menggoda, nakal, dan lain sebagainya agar penonton menjadi lebih penasaran.

Nah.. empat point itulah yang terus saya gunakan hingga sampai sekarang. namun hal yang lebih penting lagi adalah kembali ke konten video anda sendiri.
bagaimanapun konten adalah raja. semaksimal dan sepintar apapun dalam mengoptimalkan seo pada video youtube, apabila konten video-nya datar datar saja maka akan membuat penonton hanya sekali saja mengunjungi channel youtube kita.
Pertanyaannya... bagaimana mungkin seorang pemain youtube yang hanya bisa re-upload bisa menghasilkan konten yang menarik?!

Jawabannya adalah.. dekatkan diri pada Tuhan, agar kita selalu diberikan Ide bahkan mungkin juga Ilham..

Bagi teman-teman yang penasaran langkah detail pada tips yang saya tulis diatas, teman-teman bisa membaca versi detail-nya pada alamat dibawah..

Baca sesuai urutan :
1. Ebook Premium Tips Bermain Youtube
2. Ebook Optimasi Youtube Agar Banjir Trafik

Kedua artikel itu sengaja tidak saya tulis disini, karena waktu yang sangat terbatas. semoga terbantu..
dan apabila ada pertanyaan, teman-teman bisa bertanya pada kolom komentar dibawah atau di forum tersebut, tentunya harus mendaftar terlebih dahulu. oke.. demikian artikel singkat ini, semoga bisa membantu teman-teman semua.

Salam Sukses Selalu.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn