Solusi Terbaik Untuk Channel YouTube Yang Di Suspend Bolak Balik

Solusi terbaik yang harus kamu lakukan setelah channel di suspend oleh YouTube.
solusi terbaik untuk youtuber korban suspend massal
Tips Kunci - Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai tips serta solusi bagi korban suspend massal maupun tukang re-upload video di YouTube.

Beberapa hari terakhir ini, bila kalian seorang pemain youtube, pasti mengetahui atau bahkan telah menjadi korban suspend massal dari pihak YouTube yang sampai hari ini telah membuat banyak YouTuber merasa sakit hati serta mengalami depresi jiwa.

Saya pun juga tidak luput menjadi korban suspend massal tersebut, padahal video yang saya share adalah video yang saya buat sendiri dengan konsep video tutorial. dan diantaranya video-video keluarga dan video remix, tanpa babibu.. semua ikut dilibas perlahan-lahan hingga habis semua.
Cerita mengenai ini sudah saya tulis pada artikel sebelumnya tentang Badai Suspend Massal Channel YouTube di Penghujung Akhir Tahun 2016.

Aksi Bersih-Bersih

Desas desus perihal aksi bersih-bersih ini dilakukan YouTube karena pihak YouTube ingin melindungi pihak konten kreator yang mana video-video-nya telah di curi oleh pelaku re-upload.
ada sebagian yang mengatakan pelaku re-upload tersebut dari vietnam. yang mana modus-nya mengambil video dari channel lain, setelah video ter-ambil semua, maka si pemilik video yang dicuri tersebut, channel-nya dijadikan target flag spam yang sifatnya lebih ke abuse, agar channel tersebut bisa ditake down oleh sistem Youtube. lalu setelah channel ter-suspend, maka giliran pencuri-pencuri ini mengunggah video hasil curiannya ke channel milik mereka. kejam banget ya...?!
Namun kebenaran berita ini menurut saya masih fifty-fifty.

Yang jelas, paska aksi bersih-bersih tersebut, banyak sekali YouTuber yang merasakan beban masalah paska satu atau dua channel-nya terkena babat oleh YouTube.
Beberapa kasus yang umum terjadi adalah, setiap kali mereka membuat channel, lalu mengkaitkan-nya ke adsense... selang beberapa hari channel yang baru dibuat itu juga akan bernasib sama. kenapa?! padahal mereka mengunggah video milik mereka sendiri!? aneh?!

Identifikasi

Setelah mengambil contoh kasus yang dialami oleh orang lain serta dari pengalaman yang saya alami sendiri, saya bisa menyimpulkan beberapa point dibawah ini, dan rata-rata.. korban bersih-bersih yang dilakukan oleh pihak YouTube ini mempunyai kemiripan motif. berikut ini empat point yang bisa saya kumpulkan:
  • Suspend tanpa ada notifikasi
  • Suspend dengan tuduhan spam, deceptive practice, missleading metadata
  • Channel ter-suspend, tapi Adsense masih aman
  • Selalu menjadi korban suspend setelah mengaitkan channel baru ke adsense lama
Saya sengaja tidak memasukkan motif pemain re-upload maupun pemain video asli. karena pada prakteknya.. banyak pemain youtube yang membuat video asli juga mengalami hal serupa.

Setelah mengamati point-point yang sudah saya sebut diatas, saya menyimpulkan bahwa, kenapa pihak Google masih terkesan main hantam kromo!? menurut saya, akun-akun baru ataupun channel baru yang dikaitkan ke Adsense yang pernah terkait dengan channel bermasalah akan dianggap layak untuk dibabat juga.

Solusi

Untuk menghindari kejadian serupa, maka saya merumuskan beberapa solusi, yang mungkin dan menurut saya layak dicoba agar kita benar-benar terhindar dari aksi bersih-bersih ini. menurut saya sistem algoritma YouTube saat ini akan terus dipertahankan demi melindungi konten kreator lain-nya dari pelaku curang yang suka mengambil video orang lain dengan cara yang tidak sesuai aturan.
Berikut ini solusi yang mungkin bisa kalian terapkan:

1. Membuat akun Google baru yang benar-benar fresh
Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis di blog ini tentang bagaimana untuk mengamankan akun Adsense yang lebih dari satu akun.
Tips ini juga sangat dianjurkan bagi siapapun yang mungkin gelagat-nya selama bermain-main dengan produk google sudah terekam di sistem mereka. maka untuk melepaskan keterkaitan tersebut, ikuti panduan dibawah ini yang telah saya tulis diartikel yang lain:


2. Hindari Potensi Kesalahan
Setelah kalian berhasil melewati solusi pertama diatas, dan juga telah membuat akun google yang baru. selanjutnya disaat mengunggah video ke channel YouTube, jangan pernah berlebihan dalam memberikan deskripsi video, pemberian tag video pun juga harus ber-hati-hati. dan jangan pula menggunakan thumbnail video yang tidak sesuai dengan isi video.

3. Jangan Membuat Adsense Terlebih Dulu
Setelah video-video sudah ter-upload ke channel baru, jangan sekali kali melakukan pantangan yang sudah saya bahas pada solusi pertama. jangan pernah sekalipun melanggar aturan tersebut.
Dan pada saat ini, jangan pernah mengaitkan lagi channel tersebut ke akun Adsense yang telah bermasalah selama-nya.
Bila diperlukan untuk membuat akun Adsense baru, gunakan identitas baru yang belum pernah digunakan sebelum-nya. (baca rincian-nya pada solusi nomor satu bila belum memahami).

Namun bila enggan untuk membuat Adsense yang baru, saran saya adalah join lah dengan MCN di YouTube. tentunya ini membutuhkan beberapa persyaratan mulai dari jumlah view selama sebulan dan jumlah subscriber. jadi tunggulah dengan sabar hingga channel baru tersebut mendapatkan jumlah view yang mencukupi.
Untuk mencari MCN mana yang aman untuk dijadikan mitra, silahkan baca dulu artikel saya sebelumnya dibawah ini:


4. Solusi Untuk Pelaku Re-upload
Bagi pemain re-upload yang enggan move-on dengan metode re-upload. ada beberapa solusi tanpa harus melakukan kegiatan yang melanggar aturan.
Jangan pernah sekali-kali mencuri video milik orang lain secara utuh lalu di unggah ke channel pribadi. terlebih tanpa se-izin pemilik asli. tentu kegiatan seperti ini sudah menjadi bentuk pelanggaran. terlebih lagi meniru cara-cara licik yang konon dilakukan oleh pemain youtube dari vietnam, kegiatan seperti ini sungguh suatu kegiatan yang tidak terpuji.

Bila kalian ingin aman dan syah secara aturan dalam memakai video orang lain, gunakan metode YouTube Fair Use, agar kalian bisa lebih terbebas dari rasa was-was dari ancaman claim copyright oleh pemilik video.

Penerapan-nya seperti apa pada metode Fair Use ini? secara singkat, metode ini hanya mengambil potongan klip dari video orang lain yang dalam pengalaman saya kita bisa mengambil video tersebut hanya dengan durasi 20 detik kebawah. lalu digabung-gabungkan dengan video yang lain untuk membuat sebuah konsep video sesuai yang kalian inginkan.

Tapi bila kalian ingin segera melepaskan diri dari godaan re-upload, dan bingung untuk mencari ide mengenai niche video yang akan kalian usung, baca juga artikel saya yang lain mengenai inspirasi niche video di YouTube berikut:


Dan apabila kalian masih tetap ngeyel ingin memakai video orang lain secara utuh, maka gunakan Dailymotion yang lebih permisif terhadap kesalahan. atau mungkin juga berpindah secara total ke Dailymotion. 👌

Ringkasan

Setelah kalian mengikuti tahapan-tahapan diatas, dan sama sekali tidak melakukan pelanggaran, maka akan bisa dipastikan channel yang kalian atur akan lebih terhindar dari ancaman suspend.
Sampai saat ini saya sudah menerapkan cara-cara diatas untuk membangun channel YouTube terbaru. hingga sekarang, channel baru tersebut masih terbebas dari aksi bersih-bersih.

Namun yang perlu diketahui adalah, jangan pernah menganggap cara ini adalah cara yang paling benar, bisa saja cara yang saya ulas diatas masih terdapat celah sehingga masih bisa mengakibatkan kejadian serupa. namun perkembangan lebih lanjut, pasti akan saya update kembali pada artikel ini agar bisa lebih semakin sempurna.

Selamat mencoba.

Terima kasih, telah membaca artikel mengenai Solusi Terbaik Untuk Channel YouTube Yang Ter-Suspend Bolak Balik.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman lain-nya yang mungkin juga membutuhkan informasi ini. Terima Kasih..

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn